Beranda » kisahku » Kegiatan Akhir Pekan…

Kegiatan Akhir Pekan…

weekend cat
Akhir pekan adalah saat yang tepat untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang melelahkan. Setiap orang pasti punya cerita tersendiri menghabiskan akhir pekan mereka. Ada dari mereka yang menghabiskan akhir pekan bersama kekasih, teman, atau keluarga mereka dengan pergi ke tempat hiburan seperti bioskop atau makan/berkumpul di tempat-tempat nongkrong populer di kota mereka. Kali ini hal itulah yang akan kuceritakan, kegiatan akhir pekanku. So, ngapain aja aku di akhir pekan? (Sok penting banget ya? Hahaha… :D)Bangun Siang

Bagiku hari libur adalah hari untuk beristirahat dan di hari Sabtu atau Minggu, akan kugunakan secara maksimal untuk tidur, bila itu memungkinkan. Pada hari libur biasanya aku akan kembali tidur setelah sholat Subuh dan kemudian terbangun antara pulun 11 hingga 12 siang. Tapi pernah di hari Minggu aku bangun hingga jam 2 siang. Dan kalian tahu apa yang terjadi saat kuterbangun? Kepalaku sakit sekali! Kuakui kebiasaan ini sangatlah tidak sehat, tapi rasanya ada yang kurang apabila aku belum tidur berlebihan di hari libur, setelah biasanya sehari sebelumnya aku begadang hingga malam atau bahkan sama sekali tidak tidur hingga waktu Subuh.

Mencuci Baju

Mencuci baju adalah rutinitas ku di akhir pekan. Setelah bangun siang, biasanya aku akan langsung ke kamar mandi untuk mandi dan setelah itu mencuci baju. Di rumah pamanku memang ada mesin cuci, tapi entah kenapa aku lebih suka mencuci dengan tanganku sendiri. Rasanya seperti ada yang kurang bila aku tidak mencuci dengan tanganku sendiri. Ibuku memang mengajarkanku untuk mencuci sendiri pakaian-pakaianku. Bibiku sebenarnya menawarkan untuk mencucikan pakaianku, tapi aku teringat kata-kata ibuku serta aku tidak mau merepotkan bibiku untuk hal-hal yang bisa kulakukan sendiri. Terlebih bibiku sudah cukup sibuk mengurusi anak-anaknya yang tidak bisa diatur, aku tidak mau semakin membebaninya.

Makan Pecel Pincuk

Tinggal di kota Bontang membuatku jauh dari kebiasaan sehari-hari di waktu pagi saat aku tinggal di Kediri, sarapan nasi pecel. Nasi pecel memang dijual di rumah makan-rumah makan terdekat di Bontang, tapi harganya membuatku miris, minimal sepuluh ribu Rupiah untuk satu porsinya. Padahal di Kediri aku bisa mendapatkan empat bungkus nasi pecel dengan selembar uang merah itu dan makan sepuasnya. Tapi ini Kalimantang bung, bukan pulau Jawa. Jadi biasanya seminggu sekali aku memuaskan keinginanku makan makanan paling kusuka ini di salah satu rumah makan langgananku, sayangnya sekarang harganya naik jadi dua belas ribu Rupiah. Well, disini aku bisa memahami kenapa ayahku kemudian pindah ke pulau Jawa.

Mencuci Motor

Kegiatan ini hanya aku lakukan apabila sepeda motorku terlihat kotor saja. Biasanya aku membawa sepeda motorku ke tempat yang sama dimana aku makan pecel pincuk. Selain rumah makan, mereka juga membuka usaha jasa pencucian motor dan juga warung internet. Aku biasanya makan nasi pecel atau main internet sembari menunggu motorku dicuci. Di tempat ini ada internet gratis yang bisa kumanfaatkan untuk itu, walaupun aku mesti berdiri untuk menggunakannya. Sebenarnya aku lebih suka mencuci motorku sendiri, tapi berhubung aku termasuk orang yang boros saat mencuci motor, aku memilih untuk membawanya ke tempat pencucian motor. Sering terjadi krisis air di kota Bontang dan itu membuatku berpikir panjang untuk menggunakan air dalam jumlah banyak, lagipula aku bukan pencuci motor yang baik.

Berjalan Kaki Keliling Kota

Bepergian dengan berjalan kaki adalah salah satu kegemaranku. Aku memang lebih memilih berjalan kaki daripada menaiki sepeda motor atau angkutan untuk bepergian ke tempat-tempat yang sekiranya bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Hal ini menyenangkan bagiku dan baik pula untuk tubuhku agar terus bergerak, sudah jadi kebiasaanku sejak masih sekolah dulu. Aku bahkan pernah berjalan kaki dari Bintaro sampai ke Kampung Rambutan waktu di Jakarta dulu. Hal ini berlanjut saat aku di Kalimantan karena ibuku selalu mengajarkan aku untuk terus bergerak. Tapi kebiasaan berjalan kaki ini tidak hanya di akhir pekan sih, terkadang juga sehabis Maghrib atau kalau suntuk di rumah. Biasanya aku berjalan berkeliling kota yang jaraknya lumayan jauh, cukup untuk mendapatkan sedikit keringat.

Mengunjungi Kerabat

Ibuku berpesan padaku untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat-kerabat yang ada di kotaku saat ini, Bontang. Karena itulah biasanya setiap akhir pekan aku pergi berjalan kaki ke rumah kerabat-kerabatku  tersebut sambil membawakan mereka makanan ringan, kalau bisa jajan kesukaanku, kue pastel. Senang rasanya berkunjung ke rumah mereka dan berbincang akrab dengan mereka walaupun sebenarnya aku tidak terlalu mengenal mereka. Kalau sudah begini biasanya aku kesulitan untuk minta pamit, hehehe…

Bersepeda

Bersepeda adalah hobiku sejak masih sekolah dulu. Dan di kota ini aku sangat ingin memiliki sebuah sepeda agar bisa menggunakannya berkeliling kota atau sekedar olahraga di lapangan terdekat. Tapi sepertinya hal tersebut tidak bisa aku dapatkan selama aku masih tinggal di rumah pamanku. Bibiku melarangku membeli sepeda baru, alih-alih dia menyuruhku memperbaiki sepeda yang rusak di gudang belakang rumah. Bukannya aku tidak mau memperbaiki sepeda itu, tapi aku berharap memiliki sepeda baru, tidak melulu menggunakan barang-barang bekas sekaligus menunjukkan bahwa aku sanggup membeli barang-barang baru dengan hasil jerih payahku sendiri. Beruntung ada kawanku yang berbaik hati meminjamkan sepedanya padaku dan mengajakku bersepeda di akhir pekan berkeliling kota. Tapi kupastikan suatu hari nanti aku akan membeli sepedaku sendiri.

Menghadiri Pengajian

Setiap hari Minggu setelah sholat Maghrib biasanya ada pengajian di Masjid besar tempatku biasa sholat berjamaah. Biasanya aku selalu kesana di hari itu untuk mendengarkan pengajian selepas Maghrib hingga waktu Isya tiba. Mendengarkan pengajian begitu bermanfaat bagiku dimana dari situ aku belajar banyak dan jadi tahu banyak hal tentang agama yang belum kuketahui. Rasanya begitu nyaman berada disana untuk memuaskan kebutuhan rohani. Hal ini membuatku ingat bahwa kehidupan dunia tidaklah kekal dan suatu hari nanti aku pasti mati. Karena itu aku harus mempersiapkan bekal sebanyak mungkin sebelum aku benar-benar dipanggil Yang Maha Kuasa.

Download Game + Komik

Setelah semua kegiatan itu terlewati, biasanya tujuan terakhirku adalah ke warung internet terdekat. Aku suka ke warnet untuk mengunduh game atau komik. Lumayanlah buat dimainkan atau dibaca di kantor waktu lagi senggang. Biasanya warnet yang sering kudatangi adalah warnet yang satu paket dengan rumah makan pecel pincuk dan juga tempat cuci motor di hari Sabtu sementara di hari Minggu aku ke warnet dekat rumah. Aku bisa menghabiskan waktu berjam-jam bila sudah berada di warnet. Biasanya aku pulang larut malam di atas jam dua belas, paling banter jam dua dini hari. Kalau di malam Senin biasanya aku sekalian sahur terus pulang tidur. Kadang aku merinding sendiri saat berjalan pulang ke rumah karena di wilayah tempat tinggalku banyak anjing yang berkeliaran. Suasananya juga sepi banget karena itu aku usahakan sebisa mungkin untuk tidak pulang larut malam.

Ya, begitulah kegiatan akhir pekanku yang membosankan. Aku berpikir untuk bisa menghabiskan banyak waktu bersama kawan-kawanku di akhir pekan. Terkadang aku juga menghabiskan akhir pekan di kantor, entah itu menulis cerita, menulis blog, menggambar, atau seringnya sih internetan karena cuma komputer kantor yang bisa kuandalkan untuk kegiatan-kegiatan itu setelah sepupuku yang labil menyimpan rapat-rapat netbook kakaknya sehingga aku tidak bisa menggunakannya. Cuma aku jadinya gak enak sama orang-orang kantor kalau aku keseringan berada di kantor. Hiks… jadi pingin beli laptop sendiri nih…
Inilah kegiatan-kegiatanku di akhir pekan. Bagaimana dengan kegiatan kalian? Tak ada ruginya kok untuk saling berbagi…🙂

Tinggalkan Balasan

