Beranda » catatan » 10 Game Fighting Favoritku

10 Game Fighting Favoritku

cover
Salah satu genre atau jenis game yang aku suka adalah game fighting 1-on-1 semacam Street Fighter atau Tekken. Aku cukup terobsesi dengan jenis game ini hingga aku sudah mencoba banyak judul dan seri dari genre yang dipopulerkan Street Fighter II ini. Memang sejak mulai booming dengan game buatan Capcom itu banyak bermunculan game sejenis dengan gameplay yang bervariasi, karakter yang beragam, dan storyline yang semakin unik. Nah, dari banyaknya judul game fighting itu, aku memiliki sepuluh judul yang aku favoritkan dan aku sukai. Sama seperti artikel sepuluh game favoritku sebelumnya, judul yang aku masukkan ke dalam daftar ini masing-masing mewakili setiap serial yang ada demi keseimbangan, jadi tidak akan ada serial yang memiliki dua judul dalam daftar ini. Dan berikut ini adalah daftar sepuluh game fighting favoritku itu dalam hitungan mundur…
10.
Super Gem Fighter Mini Mix

gem

Di posisi paling bawah daftar ini ada versi mini dari para petarung Capcom, Super Gem Fighter Mini Mix. Sebenarnya aku lebih suka judul Jepangnya yang lebih pendek yaitu Pocket Fighter, tapi judul ini juga tak apa-apa karena sekilas terdengar keren juga. Super Gem Fighter Mini Mix adalah game fighting yang unik karena menampilkan karakter-karakter Capcom dari tiga serial game dalam bentuk Super Deform alias mini. Awalnya kupikir karakter-karakter SD Capcom itu hanya muncul dalam genre puzzle saja, tapi ternyata Capcom juga membuatkan game fighting dengan menggunakan karakter-karakter itu. Lucu aja melihat karakter-karakter Street Fighter atau Darkstalker yang biasanya tampil serius kini hadir dalam wujud mini yang menggemaskan dan satu hal yang penting… mereka tetap bertarung! Hal lain yang aku suka dari game ini adalah karakternya berubah bentuk saat melakukan serangan combo serta latar belakangnya yang menampilkan karakter-karakter Capcom termasuk Megaman. Keren!!!
Karakter favorit: Felicia, Hsien-ko, Ibuki

9.
SVC Chaos: SNK Vs. Capcom

SVC_Chaos_Art_07

Antara Match of Millennium atau SVC Chaos, akhirnya aku memutuskan SVC Chaos sebagai wakil seri SNK Vs. Capcom dalam daftar ini. Judul ini mungkin bukan yang terbaik dalam seri versusnya SNK melawan Capcom, apalagi ada banyak kekurangan dalam game ini seperti tidak adanya beberapa karakter utama yaitu Haohmaru, Morrigan dan Zangief (dan juga Nakoruru off course!). Bila dibandingkan dengan Match of Millennium, judul ini sih masih kalah sempurna walaupun tampil dengan kemampuan arcade maksimal. Tapi di luar itu SVC Chaos adalah game fighting yang menarik. Melalui perpaduan suara dan gambarnya, game ini berhasil menampilkan atmosfer pertarungan yang kelam, dalam dunia yang diliputi kekacauan. Menurutku ini adalah game versus terbaik yang pernah kumainkan dan entah kenapa aku tak bosan memainkannya. Mungkin itu karena disini aku pertama kalinya melihat pertemuan Mai Shiranui dengan Chun-Li atau mungkin juga karena game ini benar-benar terlihat sangat “kacau” sebagaimana yang tertulis pada judulnya. SNK Vs. Capcom = kacau? Masuk akal sih…
Karakter favorit: Mr. Karate, Dhalsim, Shiki

8.
Dead or Alive

DOAJAPPS

Gak tau harus bilang apa tentang game ini. Yang pasti Dead or alive (DoA) itu kreatif, gamenya bagus, menarik untuk dimainkan. Bila dibandingkan dengan game-game fighting sejenis, DoA berani tampil beda dengan menyuguhkan tiga karakter wanitanya sebagai karakter utama yaitu Kasumi, Tina dan Lei Fang. Tapi sebenarnya ada satu faktor yang membuat aku memfavoritkan game ini. Faktor itu adalah faktor “atas”. Faktor “atas”? Efek yang mantul-mantul itu lho…. Hahaha. Bahkan punyanya Mai Shiranui kalah bouncy bila dibandingkan punyanya Kasumi dan kawan-kawan (PLAK!!!). Cerita game ini sendiri unik, kalau boleh dibilang ekstrim terkait masa lalu setiap karakternya. Karakter-karakternya memiliki style yang unik, berdiri sendiri dan tidak meniru karakter-karakter yang sudah ada sebelumnya atau meniru konsep stereotype yang hampir selalu terlihat pada game-game sejenis. Permainan kecepatan dan juga gamplay beragam, itulah yang bisa disimpulkan dari game ini.
Karakter favorit: Kasumi, Hayabusa

7.
Tekken 2

tekken2-1

Tekken adalah judul yang sangat populer, mungkin paling populer saat ini. Bisa dibilang tidak memasukkannya ke dalam daftar ini adalah sebuah kesalahan besar. Tanpa melihat fakta itu pun aku akan tetap memasukkan judul itu dalam daftar ini karena aku sangat menyukainya. Karena itulah aku bingung untuk memilih seri mana yang merupakan seri terbaik menurutku. Banyak fans pasti memilih Tekken 3, Tekken 5, atau Tekken 6 sebagai yang terbaik, tapi aku tidak demikian. Seri Tekken yang kusuka adalah Tekken 2 dan Tekken 4, membuatku bingung memilih salah satu dari dua judul itu. Well, akhirnya aku memutuskan Tekken 2 yang paling aku favoritkan mengingat Tekken 2 begitu sederhana namun asyik untuk dimainkan. Salah satu yang aku suka dari judul ini adalah ceritanya yang begitu ironis seperti hubungan Jun dengan Kazuya dan tentu saja konflik ayah-anak yang memulai segalanya.
Karakter Favorit: Jun Kazama, Paul, Kuma

6.
Super Smash Bros.

Super_Smash_Bros._-_North_American_Boxart

Bila aku sudah memainkan yang Melee dan yang Brawl, mungkin aku akan memasukkan salah satunya dalam daftar ini. Masalahnya hanya judul pertama dari serial ini saja yang pernah kumainkan dan memang Super Smash Bros. yang rilis untuk Nintendo 64 merupakan game favoritku, salah satu yang terbaik di mesin itu. Super Smash Bros. menghadirkan dua belas karakter dari game-game Nintendo populer seperti Mario, Zelda, dan Pokemon dalam sebuah ajang pertarungan ala Street Fighter, namun dengan gameplay yang berbeda dan orisinal inovatif. Aku tak perlu menjelaskan betapa inovatifnya system yang diperkenalkan dalam judul ini, kalian cobalah sendiri. Memainkan karakter-karakter Nintendo dalam satu judul tentunya adalah keinginan dari setiap penggemar game Nintendo, salah satunya tentu saja aku.
Karakter favorit: Mario, Ness, Kirby

5.
Bloody Roar

bloodyroar-ps1box

Manusia setengah binatang buas bertarung di arena? Apalagi yang kurang dari judul ini? Manusia dan binatang memang memiliki kecenderungan yang sama yaitu suka berkelahi dan Bloody Roar seolah sangat mewakili kesamaan itu – game ini menggabungkan keduanya! Itulah yang aku suka dari Bloody Roar, sebuah gameplay baru yang mengasyikkan dimana karakter kita bisa berubah menjadi setengah binatang buas dan melakukan pembantaian dengan brutal. Game ini cukup populer hingga kemudian dibuatlah seri-seri berikutnya. Banyak yang memfavoritkan seri keduanya akan tetapi bagiku seri pertamanya yang terbaik. Pertarungannya seru, ceritanya juga bagus, sederhana namun keren. Dengan inovasi yang diperkenalkannya, Bloody Roar akan selalu menjadi favoritku. Scene yang aku sukai dari pertarungannya adalah saat Gado mengunci kedua lengan lawannya dan mulai menggigiti dada lawannya. Bayangkan bila lawannya adalah Alice, itu akan terlihat seperti… pikir sendiri!
Karakter favorit: Gado, Alice

4.
Street Fighter III 2nd Impact:
Giant Attack

sf32nd

Sulit untuk menentukan judul mana yang paling aku favoritkan dari serial Street Fighter mengingat seri ini adalah seri yang paling aku suka dalam genre ini. Ada tiga judul dari Street Fighter yang aku favoritkan yaitu Super Street Fighter II: The New Challenger, Street Fighter Alpha 3, dan Street Fighter III 2nd Impact: Giant Attack. Pada akhirnya aku memilih judul yang terakhir aku sebutkan sebagai yang paling aku favoritkan masuk dalam daftar ini. Seri Street Fighter III menampilkan karakter-karakter baru kecuali Ryu dan Ken pada rilisan pertamanya. Ceritanya pun baru dengan keluar dari pakem Shadaloo untuk menghadapi organisasi jahat lainnya, Illuminati. Disini juga untuk pertama kalinya kita bisa memilih move super yang disebut super art yang kita sukai. Dari tiga judulnya, rilisan kedua yaitu 2nd Impact: Giant Attack adalah yang paling aku suka karena pertama kalinya menampilkan Yang dengan move khasnya dan juga Hugo si “raksasa”.
Karakter favorit: Yang, Hugo, Necro

3.
Samurai Shodown II

ss2-fly1

Pertama kali mengenal seri pertama dari judul ini aku langsung jatuh hati hingga memainkannya berkali-kali. Semuanya menjadi semakin menarik setelah aku memainkan seri keduanya, Samurai Shodown II. Samurai Shodown menampilkan gameplay game fighting baru dimana fokus pertarungan berubah dari pertarungan tangan kosong menjadi pertarungan antar pedang atau senjata tajam semacamnya. Pertarungan para ahli pedang tampil begitu menarik dengan daftar karakternya yang masing-masing memiliki ciri khas sendiri. Cerita pada seri keduanya lebih dalam dari sebelumnya dimana diperkenalkannya Genjuro Kibagami yang menjadi rival Haohmaru. Yeah, setiap hero memang harus memiliki rival dan Samurai Shodown II melakukannya dengan tepat. Disini pula untuk pertama kalinya Kuroko, wasit misterius berpakaian serba hitam ikut menantang para petarung sebagai hidden-boss. Dengan semua fitur yang ditampilkannya, Samurai Shodown II tampil begitu kreatif dan tak heran bila dianggap sebagai seri Samurai Shodown terbaik di antara yang lain.
Karakter favorit: Nakoruru, Jubei, Nicotine

2.
Garou: Mark of the Wolves

garou-f

Aku selalu berpikir bahwa Fatal Fury adalah tiruan Street Fighter yang takkan pernah bisa menyamai ketenaran franchise Capcom tersebut. Tapi pemikiranku itu segera kurubah setelah aku memainkan seri terakhir Fatal Fury, Garou: Mark of the Wolves. Mark of the Wolves tampil sebagai game fighting dua dimensi yang sempurna. Kualitas gambar yang bagus, frame rate cepat berpadu dengan music latar yang keren, menjadikan Fatal Fury tak pernah sebagus ini. Ceritanya juga bagus, mengisahkan beberapa tahun setelah kematian Geese Howard dan kelanjutan perjalanan Terry Bogard bersama Rock Howard yang tak lain adalah putra Geese. Sama seperti Street Fighter III, semua karakter dalam game ini merupakan karakter baru terkecuali Terry tentunya. Setiap karakter memiliki keahlian bela diri yang berbeda-beda dimana masing-masing memiliki latar belakang berbeda yang menarik untuk disimak.
Karakter favorit: Hotaru, Terry

1.
Mortal Kombat: Deception

mkd-box

Dan berada di urutan pertama terfavorit adalah… Mortal Kombat: Deception! (MKD). Kualitas gambar yang sangat jernih dan bagus, audio yang keren, gameplay yang addiktif dan bervariasi menjadikannya game fighting yang paling aku favoritkan. MKD tak hanya menawarkan duel satu lawan satu, tapi juga menawarkan fitur-fitur lainnya seperti Konquest Mode dan Puzzle Mode, bahkan permainan catur ala Mortal Kombat. Mortal Kombat: Deception adalah game fighting yang sempurna! Hal yang paling aku suka dari seri ini adalah tentu saja fatality dan arena jebakan maut yang mengerikan. Oh iya, jangan lupakan juga mode harakirinya yang konyol. Kalau dari segi cerita MKD menawarkan cerita yang gelap yang masih berkisah pada pertarungan berbagai realm. Intinya, Mortal Kombat Deception benar-benar memuaskan emosi liar kita saat memainkannya. Asli, game ini benar-benar obat stres yang mujarab buat para gamer. FINISH HIM!!!
Karakter favorit: Ermac

 

***

girl_snk_vs_girl_capcom

Itulah daftar sepuluh game fighting favorit versi Navilink47. Sebenarnya daftarnya bisa lebih dari sepuluh dengan judul-judul lain yang kusukai seperti King of Fighters 2000, SNK Vs. Capcom: Match of Millennium, Tekken 4 atau Street Fighter Alpha 3. Akan tetapi karena memang diposisikan sebagai daftar yang seimbang dengan setiap franchise memiliki satu wakil, inilah daftar sepuluh yang terfavorit. Daftar ini masih bisa berubah bila di kemudian hari aku memainkan game baru dan menyukainya. Beberapa game yang ada dalam daftar ini akan aku bagikan secara gratis dalam rubrik Game Gratis Navilink47 di edisi-edisi berikutnya agar kalian juga bisa merasakan serunya judul-judul di atas. Kalau kalian sendiri bagaimana? Game-game fighting apa saja yang kalian suka?

Tinggalkan Balasan

