Beranda » berita » 10 Karakter Game Favoritku

10 Karakter Game Favoritku

chara
Dua tahun yang lalu aku pernah menulis daftar sepuluh karakter video game terbaik yang kutulis dengan seobjektif mungkin melihat pada karakter-karakter populer kesukaan banyak gamer. Nah, akhir tahun ini aku kembali merilis daftar karakter game favoritku yang kali ini pemilihannya merupakan pilihan pribadiku sendiri, subjektif dan merupakan karakter-karakter yang aku sukai. Daftar ini memuat sepuluh karakter game yang terbagi menjadi lima karakter pria favorit dan lima karakter wanita terfavorit. Dan inilah hitungan mundur daftarnya…
Karakter Wanita

5.
Jill Dozer
(Drill Dozer)

Jill_Dozer

Jill adalah putri dari Doug, ketua dari kelompok pencuri Red Dozer yang budiman. Ibunya meninggal saat dia masih kecil dimana sebelum meninggal sang ibu memberikan Red Diamond sebagai hadiah untuk Jill. Red Diamond adalah sebuah berlian magis yang memiliki kekuatan ajaib dan diincar oleh banyak pencuri. Suatu ketika kelompok pencuri jahat Croog datang ke markas Red Dozer, menyerang Doug dan merebut Red Diamond. Serangan itu membuat Doug sekarat dan tidak bisa memimpin Red Dozer. Mengetahui berlian pemberian mendiang ibunya lenyap, Jill pun mengambil alih Red Dozer dan menggunakan mesin pengebor canggih, Drill Dozer. Ditemani dua anak buah ayahnya yang memanggilnya boss, gadis cilik ini pun berangkat mengejar Croog untuk merebut kembali Red Diamond.

Jill adalah karakter yang unik. Dia digambarkan sebagai gadis kecil yang ceria, enerjik dan bersemangat. Meskipun dia menjadi pemimpin sementara Red Dozer dan gagah berani bertarung melawan penjahat, dia tetaplah anak-anak biasa yang lemah dan rapuh. Ini terlihat jelas saat dia tertangkap oleh polisi korup dan dimasukkan ke dalam penjara dimana dia menangis dan putus asa. Sebuah karakter yang menarik dan membuatnya masuk dalam daftar ini.

4.
Elli
(Harvest Moon: Back to Nature)

Elli

Ellie adalah salah satu karakter wanita yang bisa dijadikan kekasih dalam game Harvest Moon: Back to Nature yang rilis untuk PlayStation. Dia gadis yatim piatu yang tinggal bersama nenek dan juga adik laki-lakinya. Dia juga seorang gadis ramah dan baik hati yang bekerja sebagai asisten dokter di klinik Mineral Town. Karakternya digambarkan lembut keibuan, penyayang dan suka membantu sesama, membuat siapapun pasti akan terpesona oleh kebaikan hatinya.

Saat pertama kali melihatnya aku langsung tertarik dan memutuskan untuk menjalin hubungan dengan karakter ini. Sikapnya yang ramah dan selalu tersenyum membuatku jatuh hati. Dia manis dan baik hati, membuatku selalu terbayang-bayang. Aku pun berusaha keras merebut hatinya dengan memberikannya bunga setiap hari, bahkan pura-pura sakit agar bisa dirawat olehnya. Karena itulah aku begitu senang saat akhirnya lamaranku diterima dan kami pun menikah di gereja. Well, bisa dibilang sosok Elli adalah sosok gadis idamanku. Andai ada gadis seperti dia di dunia nyata, aku pasti akan sangat senang. Sebenarnya ada dua gadis yang aku sukai dalam serial Harvest Moon yaitu Maria dari original Harvest Moon dan Ellie dari BTN sehingga aku bingung mau memasukkan yang mana dalam daftar ini hingga akhirnya Elli yang terpilih. Elli adalah salah satu karakter favoritku, merupakan satu-satunya NPC atau Non Playable Character wanita dalam daftar ini.

3.
Yggdra Yuril Artwaltz

(Yggdra Union: We’ll Never Fight Alone)

yggdra

Yggdra adalah putri berusia tujuh belas tahun dari kerajaan Fantasinia yang hidupnya berubah total ketika negerinya diserang oleh kerajaan Bronquia dan orang tuanya terbunuh dalam pertempuran melawan kaisar jahat Bronquia, Gulcasa. Yggdra kemudian melarikan diri dari kastil dengan membawa pedang suci warisan keluarganya, Gran Centurio. Dalam pelariannya itu dia perlahan mengumpulkan aliansi dengan banyak kelompok termasuk kelompok pencuri pimpinan Milanor untuk merebut kembali negerinya dari tangan kaisar jahat Gulcasa. Yggdra digambarkan sebagai seorang putri pejuang berhati baik yang berusaha keras merebut kembali negerinya yang dianeksasi oleh kaisar jahat demi mengembalikan kedamaian untuk rakyatnya. Tak heran bila kemudian Yggdra menjadi seorang putri yang dicintai oleh rakyatnya. Kehidupan pelariannya yang keras perlahan merubah sifat kekanan-kanakkannya menjadi pribadi putri yang dewasa.

Yggdra memiliki semua syarat untuk menjadi seorang putri ideal, mulai dari kebijaksanaan dan kemampuan bertempur. Dia tidak hanya menunggu dan memerintahkan prajuritnya bertarung, akan tetapi dia juga ikut serta berada dalam pertempuran itu, bersama-sama mengangkat pedang. Bandingkan dengan karakter-karakter putri lainnya yang terkesan manja serta lemah sehingga dengan mudah diculik dan menunggu kstaria datang tanpa berbuat apa-apa. Walaupun pada akhirnya Yggdra juga diculik, tapi apa yang terjadi padanya berbeda karena dia diculik dalam sebuah pertempuran dimana dia terlibat di dalamnya. Hal yang membuatnya diculik pun berbeda dengan putri-putri yang lain yaitu dikarenakan dia terbakar dendam sehingga tidak dapat berpikir jernih dan akhirnya masuk ke dalam jebakan musuh. Bagiku Yggdra adalah sosok putri ideal namun tetap menunjukkan sisi kewanitaannya dengan kelemahan mendasar yang dimilikinya. Itulah yang membuatku memasukkannya dalam daftar ini, menjadikannya sebagai princess terbaik bahkan mengungguli Zelda ataupun Peach.

 

2.
Fiolina Germi
(Metal Slug 5)

Fio

Fio adalah anak satu-satunya dari keluarga Germi, keluarga terpandang di Italia yang memiliki tradisi militer turun-temurun. Tradisi tersebut adalah mengirimkan sang anak untuk bergabung dengan militer menjadi seorang tentara. Setelah melahirkan Fio, sang ibu mengalami kondisi kesehatan yang tidak memungkinkannya memiliki anak lagi. Hal ini meresahkan sang ayah yang mengalami dilema antara meneruskan tradisi keluarga atau melindungi putri semata wayangnya mengingat kejadian ini adalah pertama kalinya dalam riwayat keluarga Germi dimana satu-satunya penerus adalah seorang perempuan. Pada akhirnya sang ayah mengirimkan Fio ke dinas militer namun dia mengupayakan agar Fio dijauhkan dari medan pertempuran dengan bantuan rekan-rekannya. Fio tidak memiliki pilihan lain kecuali menuruti keinginan ayahnya bergabung dengan tentara pemerintah saat berumur dua puluh tahun walaupun sebenarnya Fio lebih tertarik dengan ilmu kedokteran seperti akupuntur dan bercita-cita menjadi seorang dokter. Ironisnya sebuah kesalahan pengolahan data oleh birokrasi militer membuat Fio kemudian dipindahkan ke unit S.P.A.R.R.O.W.S, sebuah pasukan elit bagian dari divisi intelijen dengan tugas-tugas berat dan berhubungan langsung dengan medan pertempuran.

Fio adalah karakter favoritku di serial Metal Slug. Penampilan yang innocent dan terkesan imut tanpa dosa terlebih dengan kacamata serta pembawaan ceroboh membuatku tertarik pada karakter ini. Sifatnya terlihat begitu naif dan kekanak-kanakan, terlihat jelas dalam pose kemenangannya. Dengan latar belakang keluarganya, tak heran bila Fio menjadi gadis yang pintar dan bersahabat. Anehnya dia masih tetap tenang, lembut, dan kekanak-kanakan walaupun telah melalui banyak pengalaman militer di zona peperangan. Dia selalu berpikir optimis, tergambar jelas dari ekspresi wajahnya dan itu membuatku jadi bersemangat. Bagiku Fio adalah karakter prajurit wanita yang sempurna sehingga tentu aku memasukkannya dalam daftar ini. Karakter Fio memberikan energi tersendiri padaku seolah mengatakan untuk tetap bersemangat apapun yang terjadi, dan entah kenapa aku selalu terangsang setiap kali melihat atau membayangkannya. Aneh.

1.
Nakoruru

(Samurai Shodown II)

nakoruru-ss1fixed

Nakoruru adalah pejuang wanita dari desa Kamui Kotan. Dia seorang gadis yang mencintai alam dan juga perdamaian. Dia membenci kekerasan, akan tetapi dia tidak punya pilihan apabila demi melindungi alam. Ketika ayahnya terkalahkan dan meninggal, Nakoruru diminta untuk mengikuti jejak sang ayah dengan menjadi ksatria Kamui Kotan yang baru. Dia pun meneruskan jejak sang ayah demi melindungi adiknya, Rimuru. Bersama Mamahaha, burung elang kesayangannya, Nakoruru pun memulai perjalanan panjang untuk menjaga keseimbangan alam dari tangan-tangan jahat yang berupaya merusaknya.

Menurutku Nakoruru adalah sosok wanita yang luar biasa. Cantik, cerdas, tenang, pemalu dan bijaksana, itulah yang tersirat dalam penampilannya yang sederhana. Dia seorang petarung yang hebat dengan seni bela diri Ainu yang dikuasainya. Dia bertarung untuk alam dengan bantuan alam pula yang diwakili oleh sosok elang Mamahaha atau serigala Shikuru. Kecepatan geraknya membuatnya bisa memaksimalkan penggunaan senjata dengan daya jangkau rendah yang dipegangnya. Akan tetapi Nakoruru tetaplah wanita biasa yang keibuan, tercermin dari bagaimana dia merawat dan menjaga adiknya yang sudah dianggapnya seperti anak sendiri. Walaupun dia selalu mementingkan misinya, tapi sebenarnya dia juga ingin menjadi wanita normal yang memiliki keinginan-keinginan pribadi. Niat tulusnya untuk menjaga kelestarian alam patut untuk dicontoh dimana dia berpikiran bahwa alam dapat dilindungi tanpa membunuh yang lain dan sangat mungkin untuk menggunakan solusi tanpa kekerasan. Inilah yang membuatku sangat menyukai karakter Nakoruru, sang bhikuni cinta damai yang memberikan inspirasi pada kita semua untuk selalu menjaga kelestarian alam.

 

Karakter Pria
5.
Giovanni

(Pokemon FireRed/LeafGreen Version)

Giovanni

Giovanni adalah pemimpin dari Team Rocket, sebuah organisasi kriminal yang menggunakan Pokemon untuk tujuan jahatnya. Dia seorang mastermind dibalik kejahatan-kejahatan yang terjadi di region Kanto. Rencananya disusun dengan baik dan matang sehingga masuk akal untuk menjadikannya nyata. Dimulai dengan membangun sebuah game corner yang dijadikan kedok, Giovanni bersama timnya lalu bergerak menguasai Silph Co., perusahaan teknologi di Kanto. Dia juga seorang gym leader dan merupakan gym leader terakhir yang harus dihadapi pemain, menjadikannya sebagai gym leader terkuat di antara delapan gym leader Kanto. Sebagai gym leader, spesialisasinya adalah Pokemon bertipe Ground dan dia akan memberikan Earth Badge pada trainer yang bisa mengalahkannya. Setelah kekalahannya dalam pertarungan di gym Viridian, Giovanni mengumumkan pembubaran Team Rocket dan dia menghilang begitu saja, meninggalkan anak buah setianya yang berusaha untuk menemukannya dan membangkitkan kembali Team Rocket.

Bagiku giovanni adalah karakter antagonis yang keren. Sebagai ketua kelompok penjahat, Giovanni terlihat begitu dingin dan kejam, tersirat dalam tatapan matanya. Dia begitu tenang dan berwibawa sehingga tak heran bila disegani oleh para pengikutnya yang loyal. Pokemon-Pokemon yang digunakannya pun terlihat kuat, dengan catatan khusus untuk tipe elemen yang menjadi spesialisasinya yaitu tipe Ground yang juga merupakan spesialisasiku. Dengan karakternya dan juga spesialisasinya itulah kenapa aku memasukkannya dalam daftar ini, menjadikannya sebagai satu-satunya NPC atau Non-Playable Character pria yang berada di dalam daftar ini.

4.
Pico

(F-Zero X)

Pico

Pico adalah mantan penembak militer. Dia dikenal sebagai mantan pembunuh dari sebuah unit khusus dalam tentara Poripoto dimana dia pernah melewati banyak misi yang berbahaya. Belum diketahui secara pasti berasal dari ras spesies alien apakah Pico ini sementara kampung halamannya diketahui berada di Death Wind atau Tortiz 3. Dia diketahui sebagai alien pembalap misterius yang berasal dari abad 26 dengan mesin balap andalannya yang disebut Wild Goose.

Pico adalah sosok alien berkulit hijau menyerupai kura-kura bahkan memiliki tempurung seperti kura-kura. Entah kenapa aku lebih suka menggunakan karakter ini saat memainkan F-Zero X daripada menggunakan Captain Falcon. Kupikir karakter Pico dan juga kendaraannya terlihat keren, itu saja. Aku sendiri pernah melihatnya muncul di anime dimana dikisahkan Pico ditugaskan untuk membunuh kepala polisi, namun Pico justru bertemu kejadian-kejadian konyol yang membuatnya gagal membunuh kepala polisi. Kesimpulannya Pico dan Wild Goose miliknya adalah andalanku dalam balapan F-Zero X. Aku bahkan sudah menggunakan Wild Goose saat masih memainkan F-Zero. Dia termasuk satu dari empat pembalap perintis yang keberadaannya belum tergantikan sejak seri pertamanya keluar, praktis menjadikannya sebagai pembalap yang berpengaruh di arena F-Zero X.

 

3.
Ermac
(Mortal Kombat: Deception)

Ermacrendercutout2

Ermac merupakan gabungan dari banyak jiwa yang dihancurkan dalam perang Outworld yang kemudian dikendalikan oleh Emperor Shao Kahn. Karena itulah Ermac menyebut dirinya sebagai “kami” bukannya “aku” atau “saya”. Karena jiwa-jiwa yang berkumpul dalam dirinya itulah Ermac memiliki kemampuan telekinesis dan dapat bepergian melintasi realm yang berbeda. Meski begitu saat memasuki kedalaman Netherrealm, kekuatannya dan jiwanya melemah. Dia melamah secara dramatis ketika berada disana, tapi sebuah batu misterius Soul Stone yang ditemukan Shujinko untuknya melindungi jiwa-jiwanya. Dalam Deception, Ermac berhasil lepas dari kendali Shao Kahn karena pertolongan Kenshi dan kemudian dia memutuskan berbalik arah menjadi baik dan melawan kejahatan, yang dibuktikannya dengan menyelamatkan jiwa Liu-Kang dari kendali Onaga.

Seperti Cammy, Ermac adalah karakter yang mengalami perubahan sifat dari jahat menjadi baik dan bertarung melawan masa lalunya. Dia bukan manusia dan merupakan kumpulan roh yang terbuat dari sihir. Penampilannya sangat misterius dan terkesan kejam, walau kenyataannya dia adalah tokoh yang baik. Dengan penampilan yang misterius dan keren, sekilas seperti suku padang pasir itulah yang membuatku langsung tertarik padanya. Aku selalu menggunakan Ermac setiap kali memainkan Mortal Kombat: Deception walaupun aku belum bisa menguasai jurus-jurus fatal miliknya.


2.
Mario

(Super Mario Bros.)

Mario_SMB

Mario adalah tukang ledeng pendek gendut berkumis yang entah bagaimana berpetualang untuk menyelamatkan putri kerajaan jamur, Princess Toadstool. Bersama saudaranya, Luigi, dia menjelajah berbagai tempat untuk mengalahkan Bowser, raja dari para Koopa yang telah menculik sang putri. Mario memiliki kemampuan khusus yang digunakannya dalam petualangannya yaitu menjadi besar dan kuat ketika memakan Super Mushroom; menembakkan bola-bola api ketika memakan bunga api; dan menjadi tak terkalahkan ketika memakana bintang berkelip.

Tidak banyak yang bisa diketahui mengenai latar belakang Mario selain dialah pahlawan utama dari serial yang melambungkan namanya. Karakternya tak banyak bicara namun terkesan ramah dan baik hati dilihat dari penampilannya yang sederhana. Karakter Mario seolah merupakan sindiran terhadap karakter hero lainnya yang seringnya digambarkan sebagai pangeran tinggi tampan dengan kemampuan yang luaar biasa. Tidak demikian dengan Mario dengan penampilan fisiknya dan juga kemampuannya yang aneh dengan mengandalkan lompatan. Meski hanya tampil dalam sprite sederhana tanpa latar belakang dan cerita yang jelas mengenai asal-usulnya, namun bagiku Mario tetaplah karakter favorit. Karakter ini telah membawaku berpetualang dalam dunia game untuk waktu yang lama dan aku menikmatinya. Mario adalah karakter abadi yang memiliki banyak kenangan.


1.
Link

(The Legend of Zelda: Ocarina of Time)
link-artwork-2-ocarina-of-time

Link adalah seorang anak laki-laki bertangan kidal yang hidup di Kokiri Forest bersama bangsa Kokiri, ras manusia yang tidak bisa menjadi dewasa dan masing-masing mereka memiliki peri sebagai teman hidup. Namun tidak demikian dengan Link yang tidak memiliki peri hingga kemudian peri bernama Navi datang mengunjungi kediamannya hanya untuk mengabarkan bahwa Great Deku Tree, pohon penjaga Kokiri terancam bahaya. Link pun bergerak menyelamatkan Great Deku Tree dan menyadari bahwa dia bukanlah bangsa Kokiri, melainkan bangsa Hylian yang ditakdirkan untuk menyelamatkan kerajaan Hyrule dari tangan penyihir jahat Ganondorf. Bersama Navi yang setia dan juga Ocarina of Time pemberian Princess Zelda, Link pun memulai petualangannya melintasi waktu demi menemukan tujuh sage untuk bisa mengalahkan Ganondorf sekaligus menyelamatkan tanah Hyrule.

Link digambarkan sebagai anak laki-laki polos yang bersemangat dan tak kenal rasa takut. Hal itu membuatnya ceroboh sehingga dengan mudah masuk ke dalam jebakan Ganondorf, memaksanya berpetualang melintasi waktu demi memperbaiki kesalahannya. Sebagai ras Hylian, Link memiliki kemampuan bertarung yang hebat yang membuatnya mampu mengalahkan banyak monster jahat. Karakter Link adalah sosok ksatria dengan kenaifannya yang merupakan ksatria ideal dalam setiap cerita fantasi. Dia populer di kalangan gadis-gadis sebagaimana yang terlihat dalam gamenya. Siapapun pasti ingin menjadi seperti Link, dan salah satunya adalah aku, tentu saja. Tapi dia juga bodoh, tercermin di sepanjang game dimana dia banyak tidak mengetahui hal sekitar hingga Navi menjelaskannya. Awalnya aku tidak suka dengan karakter ini yang mengingatkanku pada sosok kurcaci atau Peter Pan, tapi saat memainkan Ocarina of Time dan menyelami karakter dingin Link yang tersirat halus dalam perjalanannya, aku tak punya pilihan lain kecuali menjadikannya sebagai karakter pria terfavorit karena memang itulah kenyataannya. Pemberani, baik hati namun naif dan bodoh, seorang ksatria tidak sempurna yang menjadi pahlawan di luar keinginannya, adalah alasan kenapa dia berada dalam urutan pertama daftar ini.

***

Well, itulah sepuluh karakter video game terfavorit menurutku. Sebenarnya ada banyak karakter video game yang aku favoritkan dan aku sukai, namun sepuluh itulah yang meninggalkan kesan lebih dalam ingatanku. Karakter-karakter itu adalah karakter favoritku dalam petualanganku di dunia game. Beberapa menciptakan kenangan, sementara beberapa lainnya memunculkan inspirasi tersendiri bagiku. So, siapa saja karakter video game yang kalian favoritkan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s