Beranda » ulasan » Summer Wars

Summer Wars

Summer Wars adalah sebuah film animasi Jepang produksi MadHouse (The Girl who Leapt Through Time) yang dirilis tahun 2009 dan berhasil meraih penghargaan sebagai animasi terbaik tahun 2010 di Jepang. Film ini mengisahkan tentang perjuangan pelajar SMA berbakat bersama dengan sebuah keluarga yang berusaha keras menyelamatkan dunia dari bencana nuklir yang diakibatkan oleh peretas internet.

Kenji adalah pelajar SMA yang pintar matematika. Pada liburan musim panas, teman wanitanya yang bernama Natsuki mengundangnya datang ke ulang tahun neneknya yang kesembilan puluh di desa Ueda. Kenji yang awalnya ikut serta untuk bekerja justru dipaksa bersandiwara oleh Natsuki agar mau mengaku sebagai kekasihnya. Semuanya berjalan lancar hingga sebuah email misterius datang pada Kenji, meminta untuk dipecahkan. Kenji berhasil memecahkan email berisi kode angka-angka tersebut namun tanpa dia duga, keesokan harinya terjadi kekacauan di OZ, sebuah sistem jaringan sosial di internet yang telah terintegrasi dengan kehidupan nyata. Rupanya email tersebut adalah kunci keamanan OZ dan dengan cepat Kenji pun menjadi tersangka pembobolan sistem keamanan OZ yang mengakibatkan kekacauan di dunia nyata. Setelah diselidiki, rupanya pelaku utama kejahatan tersebut adalah peretas buatan bernama Love Machine yang memiliki rasa haus akan informasi dan perlahan-lahan mencuri akun-akun di OZ. Awalnya Kenji tidak terlalu peduli hingga kemudian kekacauan tersebut membuat nenek Natsuki meninggal dunia. Kenji pun berusaha keras menghentikan usaha Love Machine dengan dibantu oleh King Kazma dan keluarga Jinnouchi yang memiliki riwayat sejarah perjuangan di masa lalu, demi menyelamatkan dunia dan juga demi membalaskan kematian sang nenek yang telah memberikan banyak inspirasi.

Summer Wars adalah sebuah film animasi yang menarik dengan ide yang orisinal, mengangkat tema keamanan dunia internet yang bisa membahayakan dunia nyata. Ada banyak karakter yang diperkenalkan dalam film ini namun hebatnya, semua karakter itu memiliki peran tersendiri dan signifikan di dalam film, menjadikan setiap karakter berarti. Drama dalam film ini tersaji begitu apik dan mengalir begitu saja di sepanjang film, terutama drama tentang keluarga besar Natsuki. Penggambaran keluarga besar Natsuki terlihat begitu nyata seperti kehidupan sehari-hari sehingga membuatku teringat pada keluarga besarku di kampung. Terlihat apa-adanya seperti tidak dibuat-dibuat. Konflik yang ada pun tampak alami seperti pada konflik yang terjadi di antara Wabisuke dan nenek Natsuki serta di antara Kenji dan Natsuki yang walaupun ringan tapi menarik. Ada banyak amanat dan pesan yang bisa dipetik dari film ini, di antaranya yaitu tentang persatuan keluarga, dimana sebagai bagian dari keluarga, kita harus saling mendukung dan bekerjasama tak peduli betapa sulit masalah yang dihadapi. Disini pun tergambar bahwa kita harus mengutamakan kepentingan keluarga dari kepentingan pribadi. Amanat lainnya yaitu mengenai keamanan internet, dimana secanggih apapun teknologinya, tetap saja masih ada kekurangan dan celah kerusakan sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam penerapannya, khususnya yang berhubungan dengan dunia internet.

Secara keseluruhan Summer Wars adalah film menarik dari awal sampai akhir. Cerita yang orisinil, kualitas gambar dan suara yang bagus, serta sajian genre yang beragam dari drama, tragedi, aksi hingga komedi membuat film ini layak disaksikan bersama keluarga. Well, menonton film pada bagian pertarungan di dunia OZ membuatku teringat pada Digimon the Movie, tepatnya pada bagian dimana orang-orang di seluruh dunia memberikan dukungan pada Natsuki saat bertarung melawan Love Machine. Aku pun jadi mengenal permainan kartu Hanafuda dari Jepang. Intinya, menyaksikan film ini akan membawa kita masuk ke dalam dunia OZ yang menegangkan dari awal hingga akhir. Sangat disarankan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s