Beranda » ulasan » Matilda

Matilda

Matilda adalah sebuah buku cerita anak-anak yang dikarang oleh Roald Dahl, salah satu penulis cerita anak-anak terkenal. Buku ini mengisahkan tentang Matilda Wormwood, seorang anak perempuan berumur lima tahun yang memiliki kecerdasan tinggi melampaui anak-anak pada usianya. Dia sudah bisa membaca dan berhitung bahkan sebelum dia masuk  sekolah. Namun bakatnya ini dipandang sebelah mata oleh keluarganya yang hanya menganggapnya sebagai sampah. Kedua orang tua Matilda lebih menyayangi kakaknya, Michael dibandingkan dengan dia. Matilda pun sering diperlakukan tidak baik. Meskipun begitu, kecerdasan yang dimiliki oleh anak ini membuatnya berontak dan memberi pelajaran kepada kedua orang tuanya.
Saat masuk sekolah, Matilda bertemu dangan Miss Honey, gurunya dan satu-satunya orang yang mengakui keberadaan serta kecerdasannya. Bersama Miss Honey dan teman-teman sekelasnya, Matilda menghadapi ancaman dari kepala sekolah yang jahat, Mrs. Trunchbull. Matilda kemudian berencana untuk memberikan pelajaran kepada sang kepala sekolah dan juga menyelamatkan guru kesayangannya, Miss Honey. Mampukah seorang anak kecil dengan kecerdasan Einstein itu melakukannya?
Kisah Matilda menawarkan sebuah fantasi baru bagi pembacanya, bahkan orang dewasa sekalipun. Ceritanya menarik dan penuh kejutan, walaupun terkesan sangat tidak masuk akal, tapi itulah esensi fiksi. Ada banyak pesan moral yang disampaikan oleh kisah ini di antaranya adalah sebuah penghargaan yang layak kepada seorang anak. Kekejaman sang kepala sekolah bisa jadi pelajaran berarti bagi siapapun yang membacanya.
Pada awalnya saya sama sekali tidak tertarik dengan buku cerita ini saat melihat kaver buku yang terkesan aneh dan tidak menarik. Namun saya terpesona dengan gaya bertutur sang penulis saat saya terpaksa membacakan cerita ini sebagai dongeng pengantar tidur untuk adik sepupu saya. Mungkin benar ungkapan lama yang berbunyi, ”Don’t judge a book from its cover.” Yeah, Anda mungkin bisa mulai membaca cerita fantasi yang ilustrasinya dikerjakan oleh Quentin Blake ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s