Beranda » catatan » Sumo

Sumo


Sumo adalah olahraga tradisional Jepang yang sampai sekarang menjadi olahraga terfavorit. Pada mulanya olahraga sumo diselenggarakan oleh kaum petani dalam rangka menyambut keberhasilan panen yang merupakan acara ritual kepada dewa. Dalam kurun waktu berikutnya, sumo berkembang sebagai olahraga hiburan masyarakat feodal dan menjadi olahraga tanpa aturan seperti tinju bebas.

Pada zaman Nara, sumo menjadi olahraga yang sangat digemari oleh kalangan istana, sehingga banyak pembaharuan aturan yang lebih ketat, seperti pemain dinyatakan kalah bila menyentuh tanah (selain telapak kaki tentunya) atau didorong hingga keluar arena. Sejak itu, pertandingan sumo tidak lagi mengikuti peraturan seperti tinju bebas.

Pemain sumo mengenakan pakaian yang menyerupai popok. Popok ini disebut mawashi. Zaman dulu belum dikenal namanya kain, sehingga pemain hanya mengenakan bahan-bahan dari sejenis jerami. Dengan tujuan tanpa meninggalkan tradisi dan kostum lama serta tetap sebagai seremoni, maka sampai sekarang pun pakaian seorang sumo adalah mawashi. Yang lebih mengherankan, konon ternyata mawashi untuk latihan tidak boleh dicuci sama sekali karena bila dicuci akan membawa kekalahan (tapi membawa kuman kali ye?).

Pemain sumo memiliki ciri bertubuh gemuk. Sejak turunnya aturan bahwa pemain yang terdorong atau terangkat keluar arena dinyatakan kalah, maka ukuran badan yang gemuk ternyata menjadi pertahanan alami, namun tentu harus dibarengi penguasaan teknik yang baik. Konon bila seorang pesumo memenangkan pertarungan dan menjadi juara, mereka akan mendapat banyak uang dan bahkan mempunyai istri yang cantik-cantik.

tulisan diambil dari buku “Siapapun Bisa Berbahasa Jepang” terbitan penerbit ANDI.

gambar diambil dari wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s