Beranda » ulasan » Death Note

Death Note

Awalnya saya sama sekali tak tertarik dengan judul komik yang sepertinya tak menarik ini. Tapi kemudian saya menjadi tergila-gila pada serial ini saat membaca serial komik ini. Komik ini menawarkan genre yang saya sebut baru karena menggabungkan drama fantasi dengan kisah misteri detektif, sebuah perpaduan yang unik.
Komik yang ceritanya ditulis oleh Tsugumi Ohba dan ilustrasinya digambar oleh Takeshi Obata ini mengisahkan tentang sebuah buku bernama Death Note yang memiliki kekuatan membunuh manusia apabila nama manusia yang dimaksud ditulis pada halaman buku tersebut. Buku tersebut sebenarnya milik shinigami, malaikat pencabut nyawa, namun kemudian jatuh ke tangan manusia. Dikisahkan siapapun yang menggunakan buku tersebut akan mendapatkan kesengsaraan dan penderitaan.
Light Yagami, seorang mahasiswa pintar tak sengaja menemukan buku ini. Awalnya dia tak percaya dengan kekuatan buku tersebut hingga dia mencobanya sendiri. Dengan buku itu dia kemudian merencanakan untuk menciptakan dunia baru yang bersih dari penjahat dengan cara membunuh semua penjahat menggunakan buku tersebut. Sayangnya, Light mulai menyingkirkan orang-orang tak berdosa yang dianggap menghalangi ambisinya. Ryuk, shinigami pemilik buku tersebut kemudian muncul dan menemani Light menggunakan buku tersebut.
Kematian demi kematian para penjahat pun terjadi di Jepang, bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia. Fenomena ini menjadi perhatian dunia dan melahirkan KIRA, sosok dewa pembela kebenaran yang diciptakan oleh Light dan menjadi personifikasi dari ambisi Light. Dunia pun terbagi dua, yaitu mereka yang mendukung aksi KIRA dan mereka yang mengecam tindakan KIRA dan berniat menangkap KIRA.
L, seorang detektif terkenal kemudian muncul menantang KIRA untuk mengungkap identitas KIRA yang sebenarnya. L begitu berambisi menangkap KIRA dan menghentikan kejahatannya. Mendapat tantangan dari L, KIRA yang tak lain adalah Light Yagami pun menerima tantangan L dan berusaha keras membunuh L. Mampukah L menangkap KIRA dan menghentikan pembunuhan-pembunuhan yang terus saja terjadi? Akanakah ambisi Light menjadi kenyataan?
Ide cerita yang ditawarkan oleh komik ini bisa dibilang orisinal dengan berbagai macam elemen yang disajikan. Death Note menghadirkan konflik yang rumit, penyelidikan yang menarik, drama yang menegangkan, dan berbagai macam karakter yang kuat yang membuat kita semakin penasaran dengan jalan ceritanya yang sulit ditebak. Kelebihan komik ini ada pada dialog yang kuat dan karakter yang orisinal. Muatan yang terkandung dalam komik ini bisa dibilang berat sehingga pantas saja bila mendapat label komik dewasa. Kelemahan komik ini mungkin ada pada penggambaran dunia yang kurang sempurna sehingga ada beberapa pertanyaan yang tertinggal.
Bila Anda sudah bosan dengan komik bergenre Fantasi yang menampilkan dunia penuh sihir dan imajinasi, komik ini bisa menjadi pilihan karena menawarkan sensasi yang berbeda. Dengan jalan cerita yang sulit ditebak, Anda benar-benar takkan bisa menebak akhir dari kisah ini. Atau, Anda akan mulai menulis nama Anda di atas Death Note karena frustasi memikirkan akhir kisah ini? Tak perlu segitunya kali, cukup baca komik ini sampai habis. Sangat disarankan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s