Beranda » berita » Insiden Rokok Meledak, Sebuah Pelajaran Bagi Perokok

Insiden Rokok Meledak, Sebuah Pelajaran Bagi Perokok

Rokok meledak? Gak percaya?

Ini dia beritanya:


dari: okezone.com

Rokok Meledak, Clas Mild Wajib Tanggung Jawab

Sabtu, 30 Januari 2010 – 12:16 wib – Muhammad Saifullah – Okezone
JAKARTA – Produsen rokok Clas Mild harus bertanggungjawab atas insiden rokok meledak dengan korban Andi Susanto (31), warga Perumahan Pondok Tanah Mas Wonosari, Bekasi.

Demikian dikatakan pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi saat berbincang dengan okezone di Jakarta, Sabtu (30/01/2010).

“Pihak produsen harus bertanggungjawab. Dasarnya UU Perlindungan Konsumen. Perkara dia tidak melakukan (perbuatan yang mengakibatkan rokok meledak) itu soal lain,” ujarnya.

Tanggung jawab yang harus dipikul pihak produsen masuk dalam ranah perdata. Sementara apabila juga terbukti ikut andil dalam perbuatan yang mengakibatkan rokok meledak, maka pihak produsen juga bisa dijerat pasal pidana.

“Produsen harus mengganti kerugian biaya berobat dan biaya psikologis. Itu dari sisi perdata, dari sisi pidana pelakunya harus ditangkap,” ujarnya.

Agar bisa lepas dari jerat hukum, maka pihak produsen harus melakukan pembuktian terbalik seperti yang termaktub dalam UU Perlindungan Konsumen. Upaya tersebut harus dilakukan sebelum kasus masuk ke pengadilan.

“Tentunya pembuktian terbalik melalui uji laboratorium kalau produknya tidak berbahaya harus disaksikan pihak independen,” ujarnya.

Sementara itu, YLKI juga mendesak polisi agar mengusut tuntas kasus ini. YLKI berharap agar penyidik tidak hanya memeriksa pedagang eceran penjual rokok. Namun juga menelusuri rantai distribusi serta proses produksi rokok, sehingga bisa menemukan dimana letak kesalahan yang berakibat pada insiden meledaknya rokok.

Andi Susanto kehilangan lima gigi serta mendapatkan beberapa jahitan di bagian mulut setelah rokok Clas Mild yang dihisapnya meledak. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis, 29 Januari malam. Hingga kini korban masih dirawat di RS Adam Thalib, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
(ful)

kalau yang ini dari: detik.com

Minggu, 31/01/2010 21:24 WIB
Misteri Rokok Meledak
Alami Trauma, Andi Berhenti Merokok
Beben – detikNews

Jakarta – Peristiwa ledakan rokok yang penuh misteri menyisakan rasa trauma pada diri Andi Susanto. Akibatnya, Andi pun kapok kembali merokok.

“Saya jadi trauma terhadap rokok,“ ujar Andi kepada detikcom di ruang No 4 Rumah Sakit Adam Thalib, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Minggu (31/1/2010).

Andi tidak bisa menjelaskan lebih jauh soal alasannya berhenti merokok. Ia tidak mau banyak bicara karena bibirnya masih luka.

Bagian bibir atas Andi masih terlihat rusak akibat ledakan rokok. Ada sekitar 51 jahitan di bagian atas bibir tersebut yang terbalut perban.

Berbalut kaos putih, ia terbaring lemas di ranjang. Ia hanya bisa memakan makanan yang lembut seperti bubur karena giginya tak ada.

Saat ditanya perasaannya, ia mengaku hanya ingin pulang dan memperoleh ganti rugi dari perusaahaan rokok. “Saya minta perusahaan rokok mau ganti rugi,” tutup Andi.

Insiden meledaknya rokok ini terjadi pada Kamis 28 Januari sekitar pukul 18.30 WIB di Jl Teuku Umar No 1, Cibitung, Bekasi. Kala itu Andi Susanto membeli rokok warna putih yang dibelinya di warung milik Bu Panji, tetangganya.

Akibatnya, Andi terluka parah di bagian bibirnya. Tidak hanya itu, 5 gigi Andi juga tanggal akibat ledakan tersebut. (mad/mad)


Hmm… banyak orang yang berhenti merokok karena kesadaran akan kesehatan, kalau yang ini jarang-jarang ada…berhenti merokok karena terkena ledakan rokok. But it’s oke, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Betul nggak?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s