Beranda » game » 10 Serial Game Terbaik

10 Serial Game Terbaik

Setelah sebelumnya membahas sepuluh karakter laki-laki dan perempuan terbaik di dunia game, kali ini Typercat18 akan membahas sepuluh serial game atau game franchise terbaik.

Baiklah, mari kita mulai hitungan mundurnya….

Out of nomination:

Ada beberapa serial game yang aku anggap baik, namun tidak masuk ke dalam nomimasi sepuluh besar. Mereka adalah Gran Turismo, Metal Gear Solid, Ninja Gaiden, Halo, Castlevania, Contra, dan Call of Duty.

10.

Grand Theft Auto

(by Rockstar)

400px-Grand-Theft-Auto-Series

Seri-serinya: GTA, GTA II, GTA III, GTA: Vice City, GTA: San Andreas, GTA: Vice City Stories, GTA: Liberty City Stories, GTA IV

Sesuai namanya, Grand Theft Auto atau disingkat GTA adalah permainan mencuri mobil punya siapa saja. Seri pertamanya muncul untuk PC dalam format dua dimensi dan muncul dalam format tiga dimensi pada seri-seri berikutnya untuk berbagai platform mesin seperti PlayStation, PS2, dan PC. Game ini memang ratingnya bukan untuk anak-anak dikarenakan banyaknya unsure-unsur kekerasan yang ditampilkan oleh game ini. Namun entah mengapa anak-anak pun suka memainkannya.

Game ini menjadi idola di kalangan gamer dikarenakan gameplay yang menarik dengan berbagai macam fitur dan lokasi yang bisa dijelajah. Storyline-nya biasanya tentang seorang anggota geng yang berusaha membalas dendam atau bertahan hidup di sebuah kota yang penuh dengan peperangan antara geng dan kriminalitas. Kota yang menjadi latar belakang game ini pun diangkat dari kota yang benar-benar ada seperti Vice City dan Sand Andreas. Bahkan dalam GTA IV, kota yang ditampilkan sangat realistis dengan kualitas gambar yang mantap serta beragam fitur yang sangat luas untuk dieksplorasi. Meskipun masuk dalam daftar serial game terbaik, namun game ini bukan untuk konsumsi anak-anak, bahkan remaja. Seri GTA terbaru yaitu GTA IV sendiri jelas-jelas memberi rating dewasa pada game ini.

9.

Metroid

(by Nintendo)

251738-ds_metroid_prime_hunters

Seri-serinya: Metroid, Metroid 2: Return of Samus, Super Metroid, Metroid Fusion, Metroid: Zero Mission, Metroid Prime, Metroid Prime 2: Echoes, Metroid Prime 3: Corruption, Metroid: The Other M

Metroid adalah salah satu serial game panjang milik Nintendo. Muncul pertama kali di tahun yang sama dengan Super Mario Bros. untuk mesin NES, Metroid mengambil kisah seorang bounty hunter wanita bernama Samus Aran yang bertugas menghancurkan Metroid, sebuah sel kehidupan yang sangat berbahaya. Dalam perjalanannya memburu Metroid, Samus selalu berhadapan dengan pembajak luar angkasa yang berniat menggunakan Metroid sebagai senjata biologis.

Game ini muncul di semua platform game Nintendo mulai dari NES sampai yang terbaru, Nintendo Wii. Jenis permainannya pada awalnya adalah side-scrolling shooter action game, namun pada perkembangannya berubah menjadi first person shooter (FPS) dalam serial Metroid Prime, serial FPS yang menjadi saingan dari serial Halo milik Microsoft. Ceritanya sendiri cukup dalam pada platform generasi terbaru seperti GameCube dan Wii dibandingkan pada mesin terdahulu milik Nintendo. Karakter utamanya sendiri, Samus Aran selain muncul pada serial ini juga muncul pada serial Super Smash Bros., baik dalam wujud armored suit maupun zero suit. Konon kabarnya serial terbaru Metroid, Metroid: The Other M yang rilis untuk Nintendo Wii akan menggunakan genre baru perpaduan dari side scrolling shooter dengan FPS. Kita nantikan saja.

8.

Command & Conquer

(by Electronic Arts.)

url

Seri-serinya: Command & Conquer: Tiberian Dawn, Command & Conquer: Red Alert, Command & Conquer: Tiberian Sun, Command & Conquer: Red Alert 2, Command & Conquer: Generals, Command & Conquer 3: Tiberium Wars, Command & Conquer: Red Alert 3.

Kehadiran serial Command & Conquer atau disingkat CnC di industri game dunia pada tahun 1995 menjadi sebuah tonggak lahirnya genre baru dunia game yang disebut real-time strategy atau biasa disingkat RTS, sebuah genre yang mengharuskan pemain mengatur strategi dan pasukan untuk mengalahkan  pasukan musuh. Game yang awalnya dikembangkan oleh Westwood Studio dengan bantuan Virgin Interactive ini menyajikan gameplay yang sederhana dan juga cerita yang sangat dalam. Bisa dibilang CnC adalah perintis game strategi di dunia.

Cerita game ini tak jauh dari perseteruan dua kubu yang saling mengklaim sebagai wujud kekuatan terhebat di dunia. Serial CnC sendiri dibagi menjadi dua timeline atau jalan cerita yang muara awalnya adalah seri keduanya yaitu Command & Conquer: Red Alert. Red Alert mengisahkan perseteruan kubu sekutu yang dipimpin Amerika Serikat dengan kubu Soviet yang dipimpin Rusia setelah perang dunia kedua. Dalam perang dunia ketida, istilah dalam pertempuran Red Alert, bila dimenangkan oleh kubu soviet, ceritanya akan berlanjut pada seri pertama Tiberian Dawn atau sering disebut Tiberium series. Sedangkan bila perang dunia ketiga dimenangkan oleh kubu Sekutu, maka alur ceritanya berlanjut pada seri Red Alert 2 atau biasa disebut Red Alert series. Pada Tiberium series, muncul dua faksi baru di dunia yaitu Global Defense Initiative atau disingkat GDI yang terdiri dari neagra-negara sekutu dan faksi Brotherhood of Nod atau sering disingkat NOD yang terdiri dari kelompok negara pecahan Soviet serta negara-negara pemberontak lainnya. Dalam Tiberium series dikisahkan sebuah meteror berisi mineral alien yang disebut Tiberium jatuh ke bumi dan mulai menghancurkan populasi umat manusia. Kedua faksi tersebut berusaha merebut dominasi dunia melalui mineral Tiberium. Sementara pada Red Alert series, dikisahkan bahwa kekuatan Soviet kembali bangkit dan memulai perang dunia baru antara pihak Soviet dan Sekutu. Pada seri terbaru serial ini yaitu Tiberium Wars dan Red Alert 3, perseteruan terjadi melibatkan tiga faksi. Dalam Tiberiun Wars melibatkan faksi GDI, NOD, dan Alien sementara pada Red Alert 3 melibatkan Soviet, Sekutu, dan juga Jepang. Bahkan pada Red Alert 3 yang memiliki kemampuan grafik yang bagus menampilkan cerita, apa yang akan terjadi bila masing-masing faksi memenangkan pada perang dunia kedua. Serial Generals lain lagi kisahnya. Generals mengambil kisah konflik global mutakhir antara Amerika Serikat, Pemberontak Kebebasan, dan China, jauh dari cerita awal serial game ini sehingga bisa dibilang sebagai spin-off.

Panjang dan berliku bukan kisah peperangan ini? Itu pun belum termasuk seri Expansion-nya. Karena itulah serial game ini layak masuk dalam daftar serial game terbaik.

7.

Tekken

(by Namco)

tekkencharacters

Seri-serinya: Tekken, Tekken 2, Tekken 3, Tekken 4, Tekken 5, Tekken Tag Tournament, Tekken: Dark Ressurection, Tekken 6

Penggemar game fighting pasti ingat game ini. Tekken adalah salah satu game figthing terbaik yang pernah ada. Muncul pertama kali untuk mesin Arcade, Tekken mengambil kisah turnamen Iron Fist yang diadakan oleh Heihachi Mishima untuk mencari petarung terkuat yang akan direkrut dalam organisasinya.

Serial ini makin terkenal dari setiap seri yang muncul. Karakter gamenya pun beragam dan kesemuanya memiliki ikatan kronologis dengan jalan cerita game ini. Dan tidak sulit bagi game sekaliber Tekken untuk membuat setiap karakternya diingat oleh gamer. Adalah Heihachi, Jin, King, Hwoarang, Paul, Eddie, Jack, Law, dan Nina nama-nama karakter yang sangat diingat. Anda tak ingat mereka? Mungkin Anda perlu memainkan game yang sangat mengasyikkan dan telah diangkat ke dalam sebuah film CGI ini. Karakternya yang banyak dan gameplay yang konsisten menjadikan game ini layak masuk daftar.

6.

Resident Evil

(by Capcom)

Wallpaper_resident_evil_4_06_1600

Seri-serinya: Resident Evil, Resident Evil: Director’s Cut, Resident Evil 2, Resident Evil 3: Nemesis, Resident Evil Zero, Resident Evil Code: Veronica, Resident Evil: Dead Aim, Resident Evil 4, Resident Evil: Umbrella Chronicles, Resident Evil:Darkside Chronicles, Resident Evil 5

Mungkin Resident Evil atau sering disebut RE bukanlah pelopor dari genre survival horror, namun game inilah yang menjadikan genre tersebut tenar saat ini. Bayangkan saja bila Anda tiba-tiba berada di lokasi yang penuh dengan mayat hidup yang selalu siap untuk menerkam Anda, maka Anda pun harus selalu siap menembak hancur kepala mereka. Inilah inti dari setiap game RE, walaupun saat ini genrenya sendiri telah berkembang.

Cerita bermula dari kecelakaan di laboratorium Umbrella, sebuah perusahaan kimia yang memproduksi virus berbahaya yang disebut T-Virus. Virus tersebut lalu menyebar dan merubah manusia menjadi mayat hidup atau zombie. Maka muncullah zombie-zombie yang meneror kota bahkan dunia. Saat seperti itulah ditugaskan banyak polisi-polisi untuk membunuh mereka. Dan gamer pun mengenal tokoh-tokoh seperti Jill Valentine, Chris Redfield, Claire Redfiled, Leon Kennedy, dan banyak tokoh-tokoh lainnya sebagai para penumpas Zombie.

RE telah menjadi sebuah franchise yang laris manis di pasaran bak kacang rebus. Serial ini bahkan telah diangkat dalam tiga buah film layar lebar live-action yang dibintangi Milla Jovovich dan meraup box office. Selain itu dibuat pula game spin-off semacam seri Dead Aim dan Umbrella Chronicles. Filmnya pun juga muncul dalam format CGI yaitu Resident Evil: Degeneration.

5.

Harvest Moon

(by Natsume)

Harvest.Moon.full.247019

Seri-serinya: Harvest Moon, Harvest Moon 2, Harvest Moon 3: Boys & Girls, Harvest Moon 64, Harvest Moon: Back to Nature, Harvest Moon: Save the Homeland, Harvest Moon: Friends of Mineral Town, Harvest Moon: More Friends Mineral Town, Harvest Moon: A Wonderful Lufe, HArvest Moon DS, Harvest Moon:

Anda adalah seorang petani yang memiliki sebidang kebun dan Anda harus mengelolanya untuk kehidupan Anda. Itulah inti kisah Harvest Moon. Game berjenis Simulation RPG ini menuntut Anda untuk aktif dan berdisiplin dalam mengelola kebun Anda, mulai dari menanam brokoli sampai menanam strawberry. Bermain game ini ibarat menjadi seorang petani. Yang menjadikan serial ini tidak monoton dan membosankan adalah ceritanya yang sangat menggemaskan. Di sini gamer dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan semua penghuni desa dan juga dituntut untuk menggaet salah satu gadis desa untuk dijadikan istri. Wow….sangat menggemaskan. Lupakan game RPG yang penuh dengan darah, mari sejenak merasakan nikmatnya menjadi petani….

Biarpun gameplay-nya itu itu saja, yaitu hanya bertanam di kebun, merawat ternak, dan juga bersosialisasi, namun setiap seri game ini selalu dicari dan diburu oleh penggemarnya. Selalu ada yang baru, itulah yang menjadikan Harvest Moon menjadi salah satu serial game yang laris dan juga populer.

4.

Pokemon

(by Game Freak)

pokemonmysterydungeon

Seri-seri utamanya: Pokemon Red & Blue, Pokemon Gold & Silver, Pokemon Crystal, Pokemon Ruby & Sapphire, Pokemon FireRed & LeafGreen, Pokemon Emerald, Pokemon Diamond & Pearl, Pokemon Platinum, Pokemon HeartGold & SoulSilver,

Seri-seri spin-offnya: Pokemon Stadium, Pokemon Snap, Pokemon Stadium 2, Pokemon Pinball, Pokemon TCG, Pokemon Puzzle Challengge, Pokemon Colloseum, Pokemon😄 – Gale of Darkness, Pokemon Rangers, Pokemon Rangers: Shadows of Almia, Pokemon Mistery Dungeon: Red & Blue Rescue Team, Pokemon Mistery Dungeon: Explorers Time & Darkness, Pokemon Mistery dungeon:  Explorers of Sky, Pokemon Battle Revolution, Pokemon Ruby & Sapphire Box, Pokemon Dash, Pokemon Trozei!

Game yang awalnya dibuat untuk permainan antar GameBoy ini di luar dugaan meledak di pasaran dan kini menjadi salah satu ikon budaya pop dunia dengan penualan terlaris untuk setiap serinya. Adalah Satoshi Tajiri sang “penemu” Pokemon yang telah menciptakan sebuah game unik dan menjadi terobosan baru saat itu.

Permainan Pokemon pada awalnya hanyalah menangkap berbagai macam monster unik yang disebut Pokemon. Pokemon-Pokemon ini kemudian dapat digunakan untuk pertarungan antar trainer dengan misi utama mengumpulkan mereka semuanya dan menjadi juara liga Pokemon. Namun, game dengan maskot Pikachu ini kemudian berkembang menjadi game dengan berbagai macam jenis permainan dari yang awalnya berjenis Role Playing Game (RPG). Sama seperti serial game lain dalam daftar ini, Pokemon selalu penuh inovasi. Proses pertukaran Pokemon dengan menghubungkan dua buah mesin game menjadi syarat mutlak untuk menyelesaikan game ini. Selain itu pertarungan Pokemon antar negara, lingkungan game yang memiliki waktu real-time, serta event-event khusus yang diadakan Nintendo menjadikan Pokemon penuh inovasi. Bahkan pada seri barunya yaitu HearthGold & SoulSilver, kabarnya lingkungan permainan dapat diputar secara interaktif seperti pada permainan Wario Ware.

Selain dalam bentuk game, serial ini pun muncul dalam berbagai media seperti film animasi, trading card game (TCG), komik, dan film bioskop. Untuk informasi lain tentang serial game ini, klik disini atau bergabunglah dengan komunitas multiply pertama yang berbahasa Indonesia di www.pokemonindonesia.multiply.com.

3.

Zelda

(by Nintendo)

z

Seri-serinya: The Legend of Zelda, Zelda 2: The Adventure of Link, The Legend of Zelda: A Link to the Past, The Legend of Zelda: Link’s Awakening, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, The Legend of Zelda: Majora Mask, The Legend of Zelda: Oracle of Seasons, The Legend of Zelda: Oracle of Ages, The Legend of Zelda: The Wind Waker, The Legend of Zelda: The Minish Cap, The Legend of Zelda: Four Swords Adventure, The Legend of Zelda, Four Swords, The Legends of Zelda: Phantom Hourglass, The Legend of Zelda: Twilight Princess.

The Legend of Zelda diciptakan oleh tokoh yang sama yang membuat Mario, siapa lagi kalau bukan Bapak Video Game Modern, Shigeru Miyamoto. Kelahiran Zelda seolah menjadikan titik awal lahirnya genre baru dunia game yaitu genre Action RPG, sebuah genre yang menggabungkan genre Action dengan elemen-elemen RPG. Disini tokoh utama yang bernama Link selain bisa beradu pedang dan menjelajahi dunia Hyrule juga diharuskan berinteraksi dengan non-playable character lainnya serta harus memecahkan puzzle teka-teki. Gameplay seperti inilah yang menjadikan Zelda terkenal di kalangan gamer dan yang menginspirasi game-game sejenis seperti serial Mana atau Seiken Densetsu. Bahkan seri Ocarina of Time disebut-sebut sebagai game terbaik sepanjang masa karena memiliki elemen game yang sangat lengkap.

The Legend of Zelda intinya mengisahkan petualangan Link, seorang ksatria muda bertangan kidal dalam perjalanannya menyelamatkan Putri Zelda sang Ratu Hyrule dari cengkeraman penyihir jahat bernama Ganon atau Ganondorf. Meskipun demikian, sama seperti serial game lainnya, The Legend of Zelda juga memiliki cerita spin-off atau diluar dari cerita serial utamanya seperti pada seri The Minish Cap dan Four Swords dimana lawan yang dihadapi adalah Vaati, penyihir angin yang jahat. Selain itu The Legend of Zelda juga memiliki dua seri game yang apabila disatukan akan membentuk sebuah jalan cerita baru, mirip dengan serial game Pokemon yang menuntut pemain untuk menghubungkan kedua game untuk melakukan barter. Adalah seri Oracle yang apabila seri Oracle of Seasons dan seri Oracle of Ages disatukan akan membentuk cerita baru dimana Link akan berhadapan dengan Twinrova yang hendak membangkitkan penyihir jahat Ganon.

Banyak sekali inovasi baru yang muncul pada setiap seri game The Legend of Zelda yang menjadikan penggemar selalu menantikan seri baru dari game. Misalnya bentuk karakter dan penggambaran yang berbasis cell-shaded pada seri The Wind Waker dan Four Swords Adventure untuk mesin GameCube, touch screen yang sangat berperan penting dalam seri Phantom Hourglass untuk mesin portabel Nintendo DS, dan penggunaan fitur nunchuks dan wii-mote dalam seri Twilight Princess untuk mesin terbaru Nintendo Wii yang memungkinkan pemain melakukan sayatan pedang dan memanah dengan menggerakkan tangan layaknya berpedang dan memanah sungguhan.

Ketenarannya menjadikan The Legend of Zelda sebagai salah satu mascot Nintendo selain Mario dan Pokemon, dimana game ini dipastikan akan selalu ada di setiap mesin game buatan Nintendo.

2.

Final Fantasy

(by SquareEnix)

Image converted using ifftoany

Seri-serinya utamanya: Final Fantasy, Final Fantasy II, Final Fantasy III, Final Fantasy IV, Final Fantasy V, Final Fantasy VI, Final Fantasy VII, Final Fantasy VIII, Final Fantay IX, Final Fantasy X, Final Fantasy X-2, Final Fantasy XI

Seri spin-off: Final Fantasy: Mystic Adventure, Final Fantasy: Crystal Chronicles, Final Fantasy Tactics, Final Fantasy: Dirge of Cerberus, Chocobo Mistery Dunegon, Dissidia

Coba sebutkan siapa gamer RPG yang tak kenal dengan judul ini. Ya, Final Fantasy adalah serial game RPG terbaik sepanjang masa yang sudah sangat diingat oleh gamer RPG di belahan dunia manapun. Tak ada yang pernah menyangka pada awalnya bila game ini bakal menjadi pusat perhatian seluruh dunia.

Adalah Hironobu Sakaguchi yang menciptakan seri Final Fantasy yang pertama di tahun 1987 sebagai proyek terakhirnya dan juga game terakhir yang dirilis oleh SquareSoft yang saat itu mengalami kebangkrutan. Tak dinyana proyek terakhir mereka yang diberi nama ”Final Fantasy” alias harapan terakhir itu meledak di pasaran dan berhasil menyelamatkan SquareSoft dari kebangkrutan. Dari situ mulailah era emas Final Fantasy yang bertahan hingga sekarang. Serinya secara berturut-turut pun terbit dan menjadi rebutan di kalangan gamer. Era keemasan itu pun mencapai puncaknya saat Square merilis Final Fantasy VII untuk mesin PlayStation yang diklaim sebagai game Final Fantasy terbaik sepanjang masa.

Gameplay Final Fantasy cukup sederhana dan merupakan ciri khas dari permainan RPG pada umumnya seperti menjelajahi gua, hutan, lautan, kota-kota, membentuk tim, bertarung melawan monster, dan pada akhirnya menyatukan seluruh jalinan cerita yang ada. Ceritanya sendiri tak jauh-jauh dari dunia yang penuh kekacauan dan menuju pada kehancuran dimana kemudian muncul para pahlawan yang datang untuk membela kebenaran dan mengalahkan para penjahat demi mewujudkan ketentraman di dunia tersebut.

Mungkin sudah menjadi tradisi bagi serial game yang populer untuk dipastikan memiliki seri game spin-off tersendiri. Final Fantasy pun memiliki seri spin-off dengan berbagai genre. Bahkan saat ini telah rilis seri Dissidia yang bergenre fighting dengan menggabungkan semua karakter yang pernah muncul dalam serial Final Fantasy.

Selain dalam bentuk video game, Final Fantasy kini telah diadaptasi dalam bentuk film, walaupun film CGI pertamanya, Final Fantasy: Spirit Within gagal total dan memaksa SquareSoft melakukan merger dengan Enix hingga berganti nama menjadi SquareEnix. Namun film CGI keduanya yaitu Final Fantasy VII: Advent Children mendapat apresiasi yang sangat baik.

1.

Super Mario

(by Nintendo)

mario

Seri-seri utamanya: Mario Bros.,Super Mario Bros., Super Mario Bros. 2, super Mario Bros. 3, Super Mario World, Super Mario All-Stars!, Super Mario World 2: Yoshi Island, Super Mario 64, Super Mario Sunshines, New Super Mario Bros., Super Mario 64 DS, Super Mario Galaxy, Super Mario Galaxy 2

Genre lain: Super Mario Kart, Mario Kart 64, Super Mario RPG, Mario Tennis, Mario Golf, Super Smash Bros., Super Smash Bros. Meele, Mario Strikers, Mario vs Donkey Kong, Mario vs Donkey Kong: March of the Minish, Luigi Mansion, Super Princess Peachm, Mario & Luigi: Superstar Saga, dll

Di urutan pertama dari daftar ini ada tukang ledeng favorit kita semua, siapa lagi kalau bukan si Mario. Karakter ciptaan Master Shigeru Miyamoto ini tampil pertama kalinya dalam game Donkey Kong. Saat itu hanya bernama Jumpman. Mario memiliki game pertamanya sendiri dalam permainan arcade berjudul Mario Bros. dimana dia tampil bersama saudaranya yang bernama Luigi. Namun seri Super Mario Bros. Yang rilis tahun 1985 bersamaan dengan NES-lah yang menjadikannya sangat tenar sampai saat ini. Serial game pun terus bermunculan dari yang awalnya hanya permainan platform adventure berkembang ke dalam berbagai macam genre mulai dari balapan, sepakbola, tenis, golf, party game, fighting, puzzle, hingga RPG. Daftar yang tertulis di atas tidak mencakup semuanya dikarenakan setiap karakter dalam game Super Mario sendiri sekarang telah memiliki permainannya sendiri seperti Luigi dengan Luigi Mansion, Yohsi dengan Yoshi Cookie, Wario dengan Wario Ware Twisted, hingga Princess Peach dengan Super Princess Peach. Namun meskipun sekarang berkembang dalam berbagai genre, Mario tetap fokus pada jalan cerita utamanya yaitu menyelamatkan sang Putri kerajaan Toadstool dari penculikan King Bowser yang jahat.

Tak dapat dipungkiri bila maskot Nintendo ini kemudian menjadi game paling diingat sepanjang masa sehingga oleh IGN game pertamanya berjudul Super Mario Bros. dijadikan game terbaik sepanjang masa dan bahkan mendapat tempat tersendiri dalam Hollywood Hall of Fame. Game yang selalu hadir di setiap mesin game Nintendo ini pun masih tetap eksis sampai sekarang. Perjalanan panjangnya dimulai dari mesin Arcade sampai pada era Nintendo Wii yang menandakan bahwa serial game ini adalah salah satu serial game tertua di dunia selain serial PacMan dan Tetris. Game terbarunya, Super Mario Galaxy dan Super Mario Galaxy untuk mesin Nintendo wii disebut-sebut sebagai kandidat baru game terbaik di dunia.

Setujukah Anda?

4 thoughts on “10 Serial Game Terbaik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s