Beranda » catatan » Walikota yang Tak Segan Turun ke Kali

Walikota yang Tak Segan Turun ke Kali

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat menemukan akun facebook milik Ibu Sylviana Murni, Walikota Jakarta Pusat. Saya kemudian mengirimkan sebuah pesan terkait saran untuk wilayah Jakarta Pusat melalui facebook beliau. Berikut isi pesan saya:

Asslamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh…
untuk Ibu Walikota yang saya hormati, beruntung saya bisa menemukan Ibu di dalam situs facebook ini. Ada sebuah saran yang ingin saya sampaikan kepada ibu terkait dengan daerah yang sedang Ibu pimpin. Saya sering pergi ke Jakarta Pusat dan melihat serta merasakan betapa keruh dan baunya sungai atau kali yang membelah dan melintasi wilayah Jakarta Pusat. Setiap saya naik busway dan berhenti di halte Harmoni, saya langsung mencium aroma yang tidak sedap. Seorang teman saya yang berasal dari Singapura mengeluhkan betapa kotornya kali tersebut.
Saya lalu membayangkan bagaimana reaksi orang asing yang berkunjung ke Jakarta bila melihat keadaan kali di Jakarta Pusat. Mungkin mereka akan menganggap bahwa Jakarta adalah kota yang kumuh dan bau. Ditambah lagi, Jakarta adalah ibukota negara Indonesia. Bukankah Jakarta adalah cerminan negara bagi orang asing?
Mungkin ada kebijakan yang bisa Ibu lakukan dalam menangani masalah ini sebagaimana kebijakan yang telah Ibu lakukan untuk menertibkan Pasar Senen. Bukankah bila kali kita bersih, kita juga yang senang dan bangga?
Demikian saran dari saya, wakil dari warga Jakarta yang menginginkan kebersihan kota ini. Bila ada salah kata, saya mohon maaf. Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh….

Seminggu berselang, Ibu Sylviana membalas pesan saya. Berikut balasannya:

Tks masukannya, Masalah 13 Sungai yang mengaliri Jakarta sdh dalam perencanaan Tk Provinsi buka Tk. Kota dan saat ini dalam pelaksanaan sebagian, doakan smg segera selesai, tks

Dan Hari ini saya membaca berita mengenai beliau di surat kabar Pos Kota. Berikut beritanya:

Walikota Jakpus Berlumur Lumpur

Oktober 9, 2009 – 18:01 <!– by binsar –>
Kategori Berita Terkini, Jakpus

SENEN (Pos Kota) – Walikota Jakarta Pusat Hj. Sylviana Murni rela nyemplung dan membenamkan kedua kakinya yang putih ke Kali Sentiong di RW 01 Kelurahan Paseban, Senen, yang airnya berwarna hitam untuk mengangkat sampah guna mengantisipasi banjir berkaitan mulai masuknya musim hujan.

Tanpa ragu sedikitpun, mantan None Jakarta ini dengan memakai pakaian training, ditemani Dandim Jakarta Pusat Letkol (Inf) Immanuel Ginting, masuk ke Kali Sentiong dalam kegiatan kerja bakti, Jumat (9/10).

Menyaksikan Walikota dan Komandan Kodim Jakarta Pusat masuk ke dalam kali, tanpa dikomando lagi Sekretaris Kota Jakarta Pusat Ian Kelana dan Camat Senen Hidayatullah ikut nyemplung ke dalam kali, diikuti sekitar 300 orang yang terdiri dari anggota TNI, Satpol PP, Linmas (perlindungan masyarakat),  karang taruna, petugas cleaning servis kali, dan warga Paseban.

Tanpa sungkan-sungkan walikota, dengan tangannya yang mulus memunguti sampah, yang sebagian besar berupa  plastik  botol-botol bekas air minum mineral.

Walikota Sylviana mengatakan kerja bakti yang merupakan bagian dari Program Kali Bersih merupakan lambang adanya sinergi yang baik antara Muspiko Jakarta Pusat dengan masyarakat yang sadar kebersihan lingkungan.(bambang/B)

Salut untuk Ibu Walikota yang begitu peduli akan lingkungan wilayah yang dipimpinnya dengan secara langsung turun membersihkan kali yang kotor. Salut juga untuk Ibu Walikota karena mau mendengarkan aspirasi dari warganya. Semoga diberi kemudahan bagi Ibu untuk dapat mengurus wilayah Jakarta Pusat. Andai semua pemimpin seperti Ibu Sylviana….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s