Beranda » ulasan » Age of Mythology

Age of Mythology

age_of_mythology_liner

Age of Mythology adalah terobosan baru yang membawa mitos dan legenda ke dalam dunia game RTS. Game buatan Ensemble Studio ini menyajikan pertempuran yang lain daripada kebanyakan game RTS lain karena membawa unsur pemujaan dewa ke dalamnya. Game tahun 2002 ini mengambil setting zaman peradaban kuno dimana masyarakatnya masih sangat kuat memegang kepercayaan Polytheisme. Ada tiga peradaban yang dapat dimainkan pemain, yaitu peradaban Yunani, Mesir dan Skandinavia. Setiap peradaban memiliki mitos, legenda, dan dewa tersendiri. Dalam permainan, pemain akan memilih salah satu peradaban dengan salah satu dewa utama (major god) yang akan menuntun arah peradaban. Mereka di antaranya yaitu dewa-dewa yang sudah kita kenal, yaitu Zeus, Ra, Poseidon, dan Thor. Untuk dapat berkembang pada zaman yang lebih baik, pemain harus memenuhi persyaratan yang ada dan memilih dewa rendah (minor god) yang akan membantu peradaban berjalan lebih baik. Ada dua pilihan minor god dalam tiap peralihan zaman, namun pemain hanya boleh memilih satu saja di antara mereka. Masing-masing minor god yang dipilih akan memunculkan kekuatan dewa, improvement, dan makhluk mitos yang berbeda-beda. Ada beragam variasi kekuatan dewa yang dapat digunakan seperti tornado, meteor, badai salju, bahkan tsunami. Makhluk mitos dan dongeng yang dihadirkan pun banyak seperti yang kita kenal, seperti Phoenik, Cyclops, Troll, hingga Leviathan. Yang pasti, hampir semua unsur dalam mitologi Yunani, Mesir dan Skandinavia ada dalam game ini.
Untuk pilihan Campaign, hanya tersedia satu jenis campaign yang linier dimulai dari peradaban Atlantis. Kisah dalam misi campaign diambil dari dongeng dan legenda yang berkembang. Dalam campaign, kita akan menelusuri kisah-kisah mitos dan legenda dari tiap-tiap peradaban yang ada. Uniknya, pilihan campaign edisi emas dapat diunduh secara gratis dari situs resmi game ini.
Kualitas gambar dan suara dari game ini terbilang baik, kualitasnya setara dengan kualitas gambar game Empire Earth (atau bahkan lebih). Untuk urusan gameplay, Ensemble studio telah menyempurnakan setiap gameplay yang ada pada Age of Empires II pada game ini, sehingga jangan heran bila pola permainannya hampir sama.
Secara garis besar, Age of Mythology adalah game yang bagus dan berkualitas karena telah membawa sebuah terobosan baru dalam dunia game RTS yang sebelumnya dikuasai oleh jenis-jenis pertempuran tradisional dan modern. Sebuah ide yang sangat baik menghadirkan kisah legenda rakyat ke dalam sebuah permainan RTS. Mungkin hanya ada satu kelemahan dalam game ini yaitu hanya melibatkan tiga peradaban saja, padahal masih ada peradaban lain yang memiliki kisah dan mitologi yang komplek seperti India dan China. Berbeda dengan Age of Empire II yang menghadirkan hampir semua peradaban di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s