Beranda » game » Perburuanku Selesai Sudah…..

Perburuanku Selesai Sudah…..

Perburuanku Selesai Sudah

cncts-win-cover

(Perhatian! Artikel berikut mungkin mengandung penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidah EYD karena ditulis menggunakan gaya bercerita secara langsung alias ngerumpi, jadi diharap maklum – seperti kalimat penutup surat izin kalau lagi sakit)

“Command Conquer: Tiberian Sun”. Akhirnya, setelah bertahun-tahun, aku berhasil menemukan game ini. Yup, nggak sengaja waktu jalan-jalan ke PGC buat cari DVD Pokemon, aku baru tahu kalau di lantai paling bawah ternyata telah dibuka kios penjual game komputer. Iseng melihat-lihat (wajib kalau nemu toko game komputer), eh ternyata ada CD koleksi spesial Command & Conquer (C&C)! Dan dalam daftar koleksinya tertera seri Tiberian Sun plus expansion pack-nya, Firestorm! Tapi, jangan senang dulu, siapa tahu game Tiberian Sun-nya gak bisa dimainkan seperti kejadian bertahu-tahun yang lalu saat aku membeli game Tiberian Sun yang dua CD. Saat itu waktu diinstall gak bisa soalnya butuh serial number. Tapi pas ditanyain ke Mas penjualnya ternyata gak punya serial number-nya. Di kasetnya juga nggak ada serial number. Kecewa deh. Tidak mau kejadian yang sama terulang, aku pun meminta izin untuk mencobanya terlebih dahulu di komputer si empunya toko. Dan….jreng-jreng-jreng…..bisa! Wah, senangnya hatiku….turun panas demamku…..(eh, bukan, itu sih iklan!). Bersamaan dengan kegembiraanku itu, tiba-tiba penjaga toko game komputer di sebelah toko yang tengah aku datangi kesurupan. Dia meronta-ronta dan menangis-nangis. Banyak orang yang berkumpul untuk melihatnya. Aku pun ikut-ikutan melihat. Tampak beberapa orang tengah menenangkan penjaga toko itu. Setelah penasaranku hilang, aku pun kembali ke toko game komputer tadi dan memasukkan kembali CD game ke dalam bungkusnya. Yups, aku beli juga game ini! Walaupun itu artinya, jadi bokek nih…..Gak papa, lagipula jarang-jarang kan….terakhir kali beli kaset game itu kan sudah bertahun-tahun yang lalu? Tapi ada satu kekurangan pada game yang aku beli ini. Versi lengkap dari Tiberian Sun itu seharusnya dua CD dan termasuk di dalamnya film pendukung game. Nah, karena yang aku beli edisi koleksi dan hanya satu CD, jadi tak ada film pendukungnya. Padahal aku kan pingin banget lihat mukanya si Kane yang keren abiss itu….(itu lho, si botak pemimpin Brotherhood of NOD, bahkan penampilannya lebih keren daripada Lex Luthor!) Tapi tak masalah bagiku. Aku pun mencoba mencari potongan filmnya di situs video favorit semua orang, apalagi kalau bukan “kamu pipa” alias You Tube. Ternyata banyak orang yang mosting lho! Hehehe…jadi tinggal download via you tube downloader deh…..(kalau mau software ini, silahkan klik pada attachment yang tersedia di bawah ini artikel ini).

Dan sesampainya di rumah, aku mainin deh tu Tiberian Sun, game kedua dari seri Command & Conquer. Ternyata lebih asyik dari seri pertama. Permainannya lebih sederhana. Jadi inget dulu pas lagi suka main Red Alert. Jadi penasaran bagaimana game sekuel yang ketiga, Tiberium Wars. Tapi komputer di rumah gak mampu memenuhi semua persyaratan yang diwajibkan, sama seperti saat aku tak memenuhi semua persyaratan masuk secaba dulu….hiks….sedih euy….Andai ada yang mau memberikan BLT (Bantuan Laptop Tigadimensi) agar aku bisa memainkan Tiberium Wars dan juga Red Alert 3…. (mimpi kali yee….).

Berita gembiranya, serial Tiberian Sun dalam CD yang aku beli sudah termasuk expansion pack-nya. Kalau mau main pun mudah sekali aksesnya. Gak seperti waktu main Red Alert 2 bertahun-tahun yang lalu (suka banget ya pake istilah hiperbola “bertahun-tahun yang lalu”, kayak sudah tua aja…), waktu aku kesulitan untuk dapat mengakses expansion pack-nya, Yuri’s Revenge, gara-gara gak ngerti cara nginstallnya. Baru tiga tahun kemudian game itu bisa dimainkan pas kakak ipar coba-coba menginstall.

Sebenarnya perburuanku akan game-game strategi atau RTS (real-time strategy) sudah dimulai bertahun-tahun yang lalu (tuh kan, make kata-kata ini lagi!) saat tukang servis komputer memasukkan game “Command & Conquer: Red Alert 2” ke dalam komputer. Penasaran sama game ini, akhirnya aku pun main. Ternyata gamenya asik punya. Itulah pertama kali aku mengenal game strategi perang. Semenjak itu, aku sering berkelana dari satu toko game komputer ke toko game komputer lainnya (nggak jarang juga mampir dulu ke toko buku). Satu-persatu game strategi sudah pernah aku coba. Beruntung saat itu aku memiliki seorang teman yang maniak game (julukannya Master of Game), yang juga tertarik game strategi perang. Kami sering bertukar game (bukan pasangan lho…) yang kami punya. Aku meminjamkan Red Alert 2, sedangkan dia meminjamkan Ice Wind Dale (lho? Itu kan game RPG?), eh…bukan deh, dia meminjamkan Real War: Rogue State. Sudah banyak game strategi perang yang pernah kumainkan, di antaranya yaitu C&C: Tiberian Dwan, C&C: Red Alert 2, C&C: Generals, Yuri’s Revenge, Real War, Real War: Rogue States, Age of Empires 2: Age of Kings, Rise of Nation, Settler 2, Settler 3, Empire Earth, Warcraft 3: Reign of Chaos, dan lain sebagainya. Dari semua game strategi perang yang pernah kumainkan, menurutku Red Alert 2 dan Age of Empires 2 adalah yang terbaik. Sedangkan yang terburuk adalah Empire Earth (menurut kalian bagaimana?).

Ya….begitulah! Dengan keberhasilanku menemukan dan memainkan Tiberian Sun, rasanya perburuan game RTS-nya sudah selesai. Dengan begini aku bisa tenang (kayak orang mau mati saja) meninggalkan dunia game RTS karena sudah pernah melihat dan memainkan Tiberian Sun, game yang paling aku cari seumur hidupku. Hiks…. terharu rasanya, entah kenapa aku merasa sangat bahagia, apakah ini pencapaian terbesar dalam hidupku? (alaaaaa…..cukup dramatisasinya, wong cuma gitu aja mewek….). Sebenarnya sih, masih ada satu lagi game Strategi yang aku penasaran untuk memainkannya, yaitu Starcraft. Tapi biarlah, toh sekarang aku mengerti, kalau jodoh pasti takkan lari kemana alias pasti akan kudapatkan juga……Tapi kalau gak jodoh, itu berarti…..

Dari dulu beginilah cinta….

Deritanya tiada akhir…..

Lho, kok jadi mengutip puisinya Jenderal Tian Feng alias Cut Pat Kay? Emangnya Cut Tari, Cut Nyak Dien dan Cut Mini Theo kamana atu kang?

Oh ya, cerita ini bersambung ke bagian ulasan alias review. Klik di sini untuk meneruskan.

2 thoughts on “Perburuanku Selesai Sudah…..

  1. haloo CnC mania…
    gw abiz download nih tiberian 1.32 GB….
    game yang dulu cuma copy paste langsung go on…
    tapi yang ini harus instal yah…? gw nanya nih he3…
    oia gw pake windows vista, begitu gw klik game.exe ada problem File Dll error and damaged..
    gmna ya bro biar bisa jalan…gw kangen bgt nih ama game ini..
    please give me problem solving….thanks

    • saya pernah mencoba game ini (Tiberian Sun) di Vista, tetapi ternyata tidak bisa dimainkan sama seperti kasus Saudara. Memang sih ada beberapa game yang tidak bisa dimainkan di Vista. Saya ada tips, tapi belum saya coba, mungkin berhasil. Saat menginstall, letakkan directory atau folder game-nya jangan pada drive utama (biasanya C). Coba ganti directory-nya pada drive lainnya atau my document. Semoga beruntung…🙂

Tinggalkan Balasan

