Beranda » ulasan » Command & Conquer: Tiberian Sun

Command & Conquer: Tiberian Sun

Command & Conquer: Tiberian Sun

cncts-win-cover1

Tiberian Sun adalah game kedua dari serial Command & Conquer (C&C) seri Tiberian. Game buatan Westwood Studio ini adalah sekuel dari C&C: Tiberian Dawn dan prekuel dari C&C3: Tiberium Wars. Dirilis tahun 1999, Tiberian Sun mengambil setting tiga puluh tahun setelah kejadian dalam game Tiberian Dawn yaitu di bumi tahun 2030. Mineral alien misterius yang disebut Tiberium terus menyebar ke seluruh permukaan bumi dan membuat kehidupan umat manusia semakin terdesak. Global Defense Initiative (GDI) yang berhasil mengalahkan Brotherhood of NOD pada Tiberian Dawn pun kini disibukkan dengan usaha untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan. Namun, ternyata Brotherhood of NOD kembali muncul untuk menyelesaikan misinya, merebut kekuasaan atas Tiberium di muka bumi dan menjadi penguasa bumi. Kane, pemimpin kharismatik dari NOD secara misterius kembali hidup dan mengambil alih kekuasaan atas Brotherhood yang telah terpecah belah setelah kekalahan tiga puluh tahun yang lalu. GDI tak tinggal diam. Kini tugas mereka bertambah karena harus menghancurkan NOD. Dalam menghentikan ambisi Kane kali ini, GDI dibantu oleh The Forgotten, kelompok mutan hasil percobaan Tiberium NOD yang terlupakan dan kemudian memutuskan membalas dendam pada NOD.

soleiltiberium041

Seperti game sebelumnya, Tiberian Sun menawarkan dua campaign mission, yaitu versi GDI dan NOD. Untuk pertama kalinya dalam sejarah C&C, Tiberian Sun menawarkan skirmish mode yang memungkinkan pemain mengatur pasukan serta strategi demi memenangkan pertempuran dalam World Domination Tour. Pemain bisa memilih bermain sebagai protagonist GDI atau antagonist NOD. Perubahan secara radikal C&C terjadi pada seri ini, dimana gameplay lebih terasa hidup dengan berbagai elemen-elemen RTS yang baru dan terbilang kontroversial. Elemen-elemen inilah yang kemudian kembali digunakan dan dikembangkan pada Red Alert 2.

soleiltiberium07

Tentu saja terjadi perubahan besar dalam unit dan struktur yang dimiliki masing-masing kelompok, mengingat selisih waktu kejadiannya adalah tiga puluh tahun. Dalam Tiberian Sun, Westwood menawarkan unit-unit dan struktur-struktur baru yang lebih canggih dan futuristik, seperti Wolverine, Titan, dan Mammoth untuk GDI serta Cyborg, Devil Tongue, Cyborg Commander, dan Mutant Hijacker untuk NOD. Senjata-senjata canggih pun mengalami peningkatan level seperti Ion Cannon yang luar biasa untuk GDI dan Nuclear Missile yang mematikan dan beracun untuk NOD. AI komputer mungkin terasa tinggi dan sulit dikalahkan, tapi disitulah tantangan bagi pemain.

soleiltiberium10

Kualitas gambar Tiberian Sun tidak mengecewakan. Tampilannya jernih dan lebih baik dari prekuelnya. Suara dan efeknya pun terdengar serasi dengan skema pertempuran yang ditawarkan ditambah lagi dengan film pendukung yang menarik. Secara keseluruhan game ini tampil sederhana namun dengan kualitas terbaik. Sebuah game wajib untuk penggemar game bergenre strategi perang atau RTS.

soleiltiberium12

requirements Pentium 166 MHz, 32 MB RAM, Windows 95/98/ME/NT 4.0/2000/XP, 2 MB PCI direct draw compliant graphics card, DirectX 6 compatible sound card, 150 MB hard disk space, 4x CD-ROM drive


Iklan

One thought on “Command & Conquer: Tiberian Sun

  1. Ping-balik: Perburuanku Selesai Sudah….. « Sang Kucing Pengetik!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s